USTADZ MOH.ATMAL : PEOPLE POWER HANYA AKAN MENIMBULKAN KERUSAKAN DAN ITU DIMURKAI ALLAH

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo. Da’i kondang asal Propinsi Gorontalo Ustadz Mohammad Atmal Fauzi, dalam ceramahnya di Radio Rakyat Holondalo (99,9 FM), Jum’at 17/5/2019 memberikan pembahasan tentang People Power menurut pandangan Islam dan ulama.

Atmal mengatakan bahwa
people power adalah pengerahan kekuatan untuk melakukan perlawanan terhadap umara pemerintahan
“People power merupakan pengerahan kekuatan yang diarahkan untuk melakukan perlawanan terhadap umara pemerintahan, maka itu bagian dari perbuatan yg dilarang dalam agama , Dalam Qur’an Surat Almaidah ayat 2 yang artinya bertolong menolonglah kalian dalam perbuatañ yg baik dan jangan bertolong menolong dalam perbuatan dosa /permusuhan karena siksaan Allah sangat berat,” ujarnya.

Atmal juga menambahkan apabila dalam kegiatan people power itu mengakibatkan kerusakan /pengrusakan diatas bumi, yang berakibat kepentingan umum terganggu , maka itu menjadi kemurkaan Allah dan Allah tdk menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan sebagaimana tersebut dalam Qur’an surat Al-Qosas ayat 77.

Selanjutnya Atmal mengingatkan bahwa Ketaatan terhadap pemimpin adalah jelas menjadi perintah Allah.

“Taatlah kepada pemimpinmu sebagaimana firman Allah dalam Qur’an Surat An-Nisa 59 yang artinya Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan Ulil Amri di antara kamu.Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul ( Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Ayat ini jelas menyuruh kita untuk taat dan patuh kepada pimpinan dan jika berbeda pendapat, maka dikambalikan kepada AlQuran dan Sunah, bukan dengan melakukan aksi makar atau menggulingkan pemerintahan yang sah, karena ini akan menimbulkan kerusakan dan Allah sangat murka dengan yang seperti itu,”kata Atmal.

Allah telah menurunkan al-Qur’ân kepada kalian yang telah dijelaskan oleh Rasul-Nya. Di dalamnya terdapat hukum tentang apa yang kalian perselisihkan. Ini adalah konsekwensi keimanan kalian kepada Allah dan hari kiamat. Al-Qur’ân itu merupakan kebaikan bagi kalian, karena, dengan al-Qur’ân itu, kalian dapat berlaku adil dalam memutuskan perkara-perkara yang kalian perselisihkan. Selain itu, akibat yang akan kalian terima setelah memutuskan perkara dengan al-Qur’ân, adalah yang terbaik, karena mencegah perselisihan yang menjurus kepada pertengkaran dan kesesatan.

Pada akhir ceramahnya Ustdaz Atmal kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Propinsi Gorontalo untuk tidak ikut-ikutan melakukan people power.
“Dengan berpedoman pada firman Allah yang saya sampaikan tadi, maka saya himbau kepada seluruh Masyarakat di Propinsi Gorontalo,untuk tidak ikut-ikutan melakukan aksi people power karena lebih banyak mudarat daripada manfaatnya, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa, kita jaga kerukunan agar kita hidup dalam perdamaian, mumpung bulan Ramadhan, mari perbaiki amalan-amalan kita, perbanyak baca Qur’an karena mungkin Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan terakhir buat kita, maka itu jangan sia-siakan,”ujarnya.

Penulis         : WTC
Editor          : Irda
Publish         : Anti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x