April 27, 2024

Sosialisasi Wabah PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Bone Pantai Sambangi Peternak Sapi

Polres Bone Bolango, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit Infeksi Virus yang bersifat akut dan sangat menular terhadap hewan ternak berkuku genap/belah seperti sapi dan kambing yang rentan penyebarannya apabila tidak di lakukan pencegahan.

Sebagai upaya pencegahan tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Bone Pantai Polres Bone Bolango gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan menyambangi pemilik hewan ternak sapi di Kecamatan Bone Pantai. Selasa, (27/9/22).

Bhabninkamtibmas Polsek Bone Pantai Bripka Fikri Loleh Memberikan Sosialisasi Wabah PMK Kepada Pemilik Hewan Ternak

Kapolres Bone Bolango AKBP Emile Reisitei Hartanto, SH, SIK melalui Kapolsek Bone Pantai IPTU Faisal Poli membenarkan kegiatan personil Bhabinkamtibmas dengan melakukan sambang di masing-masing desa binaan untuk memantau para peternak  serta memberikan edukasi dan sosialisasi agar hewan ternak bebas dari penyakit PMK.

Ia menjelaskan, saat menyambangi warga pemilik sapi Bhabinkamtibmas memberikan himbauan apabila hewan ternak mengalami gejala Suhu badan demam / Panas, tidak nafsu makan, keluar air liur berlebihan dan luka pada kuku dan kukunya lepas segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau penyuluh peternakan sehingga bisa diteruskan ke dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bone Bolango untuk mendapatkan pengobatan sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah PMK.

“ kepada pemilik ternak baik sapi dan kambing di harapkan agar lebih proaktif untuk membantu pemerintah dalam pencegahan wabah PMK, dengan melakukan pengecekan dan memberitahukan kondisi hewan ternak apabila terjadi gejala PMK” ujar Kapolsek.

 “ selain sosialisasi pencegahan wabah PMK, Bhabinkamtibmas juga memberikan pesan-pesan kamtibmas serta memberikan arahan kepada pemilik hewan ternak untuk meningkatkan kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternak agar selalu sehat dan tidak terjangkit wabah PMK” tandas IPTU Faisal.

By ZD (HumasResBB)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x