April 27, 2024

Kapolres Pohuwato Selaku Inspektur Upacara Hari Kesadaran Nasional 17 Februari 2023

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id-Polres Pohuwato. Kepala Kepolisian Resor Pohuwato Akbp Joko Sulistiono, SH., S.I.K,. MH,. Selaku Inspektur Upacara Hari Kesadaran Nasional, bertempat di lapangan Upacara Polres Pohuwato Jumat, (17/2/2023).

Hadir dalam pada kegiatan Upacara tersebut Wakapolres Pohuwato Kompol Adek Dermawan, SH,. S.I.K,. dan diikuti oleh Pejabat Utama Polres Pohuwato, Perwira staf, Kapolsek Paguat, Marisa, Patilanggio serta personel Polres Pohuwato bersama perwakilan personel Polsek Paguat, Marisa dan Patilanggio.

Amanat Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si., yang di bacakan oleh Inspektur Upacara, mengatakan marilah kita panjatkan Puji Syukur ke Hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas Limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, pada hari ini kita dapat melasanaka Upacara Bendera Tujuh Belasan, yang merupakan salah satu upaya untuk tetap menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk displin, jiwa korsa dan loyalitas serta kebersamaan dan kesadaran sebagai anggota Polri untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas pokok.

Selaku Kapolda Gorontalo, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polda Gorontalo yang senantiasa menunjukan semangat dan loyalitas yang tinggi dalam menjalankan tugas, sehingga sampai saat ini kita masih dapat menjaga stabilitas Kamtibmas di provinsi Gorontalo dengan baik.

Saya berharap, hal ini dapat terus kita pelihara dan pertahankan sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri yang kita cintai.

Kita ketahui bersama bahwa dinamika lingkungan strategis pada tataran Global dan Regional, senantiasa memberikan dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Agenda Kamtibmas tahun 2023 khususnya pada lingkup Nasional kita akan menghadapi tahapan Inti tahun 2024.

Gaungnya mulai kita rasakan saat ini, ditinjau dari Perspektif Karakteristik potensi kerawanan yang khas sehingga harus kita antisipasi dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya sesuai data Biro Operasi Polda Gorontalo, laporan Gangguan Kamtibmas terjadi priode bulan Januari 2023, tercatat 243 kasus, priode bulan Desember 2022 tercatat 223 kasus, mengalami penurunan 20 kasus turun 8,23%. Dibidang Lalu Lintas priode Januari 2023 terjadi 49 kasus kecelakaan dengan 9 korban meninggal dunia, 4 korban luka berat dan 65 korban luka ringan, dibanding Desember 2022 tercatat kasus laka lantas 9 orang meninggal dunia, luka berat 7 orang, dan luka ringan 59, mengalami penurunan 12,5 %, namun untuk pelanggaran lalu lintas terjadi kenaikan 248%, tercatat ada 776 pelanggaran untuk Januari 2023, dibanding Desember 2022 tercatat 232 pelanggaran.

Menyikapi data tersebut, pengemban fungsi Reserse dan lalu lintas yang didukung fungsi operasional lainnya dijajaran Polda Gorontalo agar lebih meningkatkan kinerjanya. Kepada jajaran Dit Intelkam agar meningkatkan kegiatan deteksi dini, serta melakukan pemetaan terhadap daerah rawan gangguan Kamtibmas.

Dibidang anggaran, Satker dapat mencapai target bulanan sebagaimana yang telah ditentukan agar tidak menimbulkan permasalahan dan bahkan menjadi temuan baik oleh pengawas Internal (ITWASDA) dan Eksternal (BPK-RI). Ingat saat ini Polri telah 9 kali berturut-turut memperoleh Opini (WTP) Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK-RI.

.” Sebelum mengakhiri amanat ini, beberapa penekanan, yang pertama Tingkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kedua Tingkatkan kedisiplinan dan loyalitas kita dalam bertugas agar senantiasa mendapatkan dukungan serta kepercayaan dari masyarakat, ketiga Tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara maksimal dan tidak membedakan status dan golongan, Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan serta Penegak hukum yang profesional medern dan terpercaya, keempat Tingkatkan kerja sama dengan seluruh Stakeholder dan Eleman masyarakat, dan kelima Tingkatkan terus kewaspadaan kita terhadap situasi, laporkan kepada pimpinan secara berjenjang jika menemukan atau mengalami suatu peristiwa yang dapat menimbulkan efek tidak baik bagi masyarakat maupun diri sendiri.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjukNya kepada kita sekalian dalam melaksanakan tugas kepada masyarakat, Bangsa dan Negara. ” tutup Joko Sulistiono.

Penulis Hanny

Publis Masdar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x