101 Personel Brimob Gorontalo Dikirim Ke Poso

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Jumat (15/9/2017) pukul 05.00 wita bertempat di Bandara Lama Djalaludin Gorontalo telah berlangsung Upacara Pemberangkatan Personil Sat Brimob Polda Gorontalo dalam rangka Operasi Tinombala Tahun 2017.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail MH dan sebagai  Komandan Upacara adalah IPTU George Sakull SIK. Turut hadir dalam upacara tersebut adalah seluruh Pejabat Utama Polda Gorontalo dan Wakapolres Gorontalo.

Dalam sambutannya Kapolda Gorontalo secara garis besar mengatakan bahwa Brimob adalah polisi istimewa yang tugasnya mencakup seluruh wilayah nusantara, keterlibatan Brimob Gorontalo ke daerah Operasi di Poso merupakan suatu amanah yang diberikan negara kepada Polda Gorontalo dalam rangka menjaga stabilitas Nasional.

“Brimob merupakan pasukan elite dan istimewa dalam organisasi kita dan lingkup tugasnya mencakup seluruh wilayah Nusantara. Kita ditunjuk terlibat dalam Operasi Tinombala 2017 itu merupakan amanah negara dan tentu kita harus jalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. Tugas ini adalah tugas yang mulia dimana keberadaan pasukan kita disana adalah untuk membantu menciptakan stabilitas Nasional dari berbagai ancaman yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas,  selain itu kegiatan operasi ini kita jadikan sebagai ajang pelatihan mental bagi personel Brimob untuk terjun langsung di medan yang sebenarnya, dengan latihan-latihan yang selama ini sudah dilakukan tidaklah cukup apabila tidak dilatih dimedan yang sebenarnya, pelibatan dalam operasi- operasi ini sangat penting untuk tumbuhkan mental juang bagi personel brimob,”ungkap Kapolda Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga berpesan agar dalam pelaksanaan tugas Operasi Tinombala bisa menjaga nama baik kesatuan dengan tidak melakukan pelanggaran, dan yang terpenting adalah jaga keamanan diri masing-masing dan saling mengingatkan satu dengan yang lainnya, hindari kegiatan seorang diri, semua bergerak dalam ikatan regu dan ikuti komando.

Kasat Brimob AKBP Gatot Santoso SIK mengatakan bahwa personel Brimob Gorontalo yang dilibatkan dalam Operasi Tinombala 2017 sebanyak 101 orang dipimpin oleh Iptu George Sakull SIK selain itu kita juga kirim 1(satu) orang Pamen Akbp Arif Agung Winarto SIK yang nantinya dalam operasi menjabat sebagai Kasi Ops yang bertugas mengatur/mengkoordinir penugasan seluruh pasukan BKO Brimob selama pelaksanaan Operasi Tinombala di Poso.

Rencana awal personel Brimob Gorontalo nantinya akan bertugas di Operasi Tinombala Poso selama 4 (empat) bulan, tapi nanti lihat situasi dan kondisi di lapangan.”Jelas Kasat Brimob

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono SIK menjelaskan bahwa benar tadi Pagi Kapolda Gorontalo melepas personel Brimob Polda Gorontalo sebanyak 101 orang yang akan dilibatkan dalam kegiatan Operasi Tinombala 2017, akan tetapi sebelum ke Poso mereka akan ke Mako Brimob Jakarta terlebih dahulu guna untuk mengikuti pra operasi hingga tanggal 29 September 2017 baru setelah itu mereka dikirim ke Poso, tujuan operasi tersebut merupakan lanjutan dari operasi sebelumnya yaitu penanggulangan kelompok radikal dimana kita tahu bahwa  masih ada kelompok Santoso yang masih berkeliaran meski pimpinannya yaitu Santoso sudah tewas, Dan tadi Kapolda sudah memberikan arahan kepada pasukan yang akan berangkat untuk tetap waspada , mampu kuasai daerah operasi dan yang terpenting adalah jaga keselamatan diri masing-masing dan kelompoknya, serta tidak kalah penting adalah jaga nama baik kesatuan selama di daerah operasi.

Mari kita doakan, semoga Pasukan Brimob Gorontalo yang dipilih menjalakan Operasi Tinombala ini selalu diberikan kemudahan, kelancaran , kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas negara ini dan bisa kembali dengan selamat.”tutur Kabid Humas Polda Gorontalo

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x