BIDHUMAS POLDA GORONTALO GANDENG WARTAWAN DAN GURU SMK GELAR BIMTEK DI BIDANG JURNALISTIK DAN CONTENT CREATOR

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel di bidang jurnaslitik dan pembuatan konten media sosial, Bidang Humas Polda Gorontalo pada Rabu (30/11/2022) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertempat di Aula Titinepo dengan menggandeng wartawan media online Gopos.id Hasanuddin Jadin dan guru SMK Negeri I Limboto Muhammad Firmansyah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh operator media sosial di tingkat satuan kerja (Satker) Polda maupun operator media sosial ditingkat Polres dan Polsek sejumlah 117 peserta.
Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK dalam sambutannya membuka acara Bimbingan teknis tersebut menjelaskan alasan menggandeng wartawan media online dan guru SMK yaitu agar para peserta bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang langsung bisa diparktekkan dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari hari.

“Kita ingin para peserta Bimtek ini mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tidak hanya sekedar teori tapi bisa mendapat ilmu yang langsung bisa dipraktekkan dalam mendukung tugas kepolisian, makanya salah satu materi yang akan diajarkan adalah membuat konten video dan design grafis yang menarik menggunakan smartphone ,”kata Wahyu.
Wahyu juga menyoroti soal perlunya kemampuan jurnalistik dalam memberitakan kegiatan-kegiatan kepolisian.

“Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi, masih sangat minim produk-produk artikel berita yang dibuat oleh Polres dan Polsek padahal setiap hari mereka melakukan kegiatan, hal ini tentu sangat disayangkan padahal sebagaimana penyampaian Kapolda bahwa masyarakat harus tahu apa kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian, oleh karena itu, melalui Bimtek ini para peserta akan diajarkan bagaimana menulis berita yang baik dan juga akan diberikan pengetahuan tentang pemberitaan ramah anak,”Terang mantan Kapolres Bone Bolango tersebut.

Selanjutnya kata Wahyu sengaja menggandeng Wartawan media online Gopos.id Hasanuddin Jadin sebagai pemateri dibidang jurnalistik karena menurutnya yang bersangkutan syarat pengalaman.

“Pak Hasanuddin Jadin ini menggeluti dunia jurnalistik sudah 17 tahun, pernah juga menjadi pimpinan redaksi di surat kabar harian Gorontalo Pos, artinya beliau memiliki banyak pengalaman di bidang ini, sedangkan pak Muhammad Firmansyah, beliau mengajar di SMK N 1 Limboto dengan basic pengetahuan dan ketrampilan di bidang multimedia, makanya kami meminta beliau-beliau untuk memberi materi pada giat Bimtek hari ini,” Ujar perwira dengan pangkat melati tiga dipundaknya tersebut.

Di era digital 4.0 saat ini, masyarakat tidak lagi berinteraksi di dunia nyata saja melainkan juga di dunia maya (internet), hal ini menuntut seluruh anggota Polri agar bisa memanfaatkan dampak perkembangan tehnologi tersebut untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan kepolisian secara masif. Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SH.,SIK.,M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK berpesan agar anggota dapat memanfaatkan media sosial untuk mengampilifikasi seluruh kegiatan kepolisian yang positif sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas.

“Sebagai anggota polri harus mampu memanfaatkan peluang ini untuk mempublikasikan seluruh kegiatan positif kepolisian melalui konten yang menarik baik berupa artikel berita, design grafis maupun video dengan harapan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polri kembali meningkat,”Ujarnya.

Penulis : WTC

Editor : Jenry

Publish : Karim

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x