Bhabinkamtibmas Polres Boalemo Hadiri Upacara Keagamaan Umat Hindu Bali

Tribratanews.polri.go.id –  Polda Gorontalo, Senin (17/7/2017) Pukul 10.00 Wita telah berlangsung upacara Ngaben an. Ni Nyoman Suni bertempat di Pura dalam Desa Trirukun Kec. Wonosari Kab. Boalemo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Kab. Boalemo I Dewa Putra Widiana, Kepala DEsa Trirukun dan Raharja, Keluarga Ni. Nyoman Suni, Tokoh Agama Umat Hindu Bali, Bhabinkamtibmas Polres Boalemo, Masyarakat Pelayat Hindu Bali Kec. Wonosari Kab. Boalemo.

Dimana prosesi Ngaben adalah upacara keagamaan oleh umat hindu bali yakni membakar jenazah yg bertujuan untk memgembalikan segala unsur Panca Maha Buta (5 unsur pembngun badan kasar manusia) kepada asal masing-masing sehingga tidak menghalangi perjalanan Atma ke sunia loka. Bagian panca maha buta dan mengantrakan atma (roh) ke alam pitra dengan memutuskan keterkaitannya dengan badan duniawi sehingga ragha sarira (badan/tubuh) cepat dan kembali ke asalnya.

Adpun prosesi upacara ngaben bagi umat hindu bali wonosari merupakan satu tradisi keagamaan yang sering d laksanakan. Sehingga setiap pelaksanaan prosesi upcara Ngaben merupakan upacara besar dan memerlukan biaya tidak sedikit.

Penulis         : Firdha

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x