Gerak Cepat Polda Gorontalo Lakukan Evakuasi Korban di Lokasi Banjir

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Akibat curah hujan yang cukup deras dari Jum’at Dini hari (3/7) Hingga Sore Harinnya, membuat debit air sungai di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo meningkat. Salah satunya Sungai Bone yang sebelumnya pada bulan juni kemarin meluap dan mengakibatkan banjir di beberapa kecamatan baik Kabupaten Bone Bolango maupun Kota Gorontalo.

Melihat kondisi tersebut Tim Gabungan Polda Gorontalo yang terdiri dari Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo, Polair dan Dit Samapta Polda Gorontalo serta instansi terkaiy yang sedang bersiaga langsung turun ke lokasi rawan banjir untuk melakukan evakuasi dini kepada masyarakat yang berada di daerah rawan banjir. Hal itu untuk guna mencegah adanya korban jiwa di daerah yang rawan banjir. Salah satunya di kampung Bugis Kota Gorontalo, dimana personel gabungan Polda Gorontalo langsung turun ke lokasi guna melakukan evakuasi korban dan membantu warga menyelamatkan barang yang masih bisa diselamatkan.

Saat dikonfirmasi, Danyon B Pelopor Kompol Zulkarnain S.I.K menyampaikan, para personel melakukan evakuasi ini sedini mungkin agar bisa menghindari korban jiwa. Bahkan para personel harus bekerja ekstra, dimana arus air kali ini berbeda dengan arus banjir yang sebelumnya, dimana terlihat saat dilokasi air yang meluap cukup deras dan ketinggian airnya sampai di dada orang dewasa.

Danyon B Pelopor Kompol Zulkarnain S.I.K mengatakan, sebagai pasukan yang memiliki berbagai kemampuan untuk kondisi mendesak, maka sudah sepatutnya pihaknya harus sigap dalam menjamin keselamatan warga.

“kami mendapatkan informasi bahwa debit air sungai Bone mulai naik, sehingganya kami langsung menuju ke lokasi rawan banjir untuk mengevakuasi warga. Karna salah satu tugas kepolisian adalah menjamin keamanan masyarakat” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol.Wahyu Tri Cahyono, S.I.K menyampaikan bahwa, hujan deras yang mengguyur pada dini hari kemarin hingga sore harinya membuat debit air sungai bone kembali meningkat dan menyebabkan beberapa kecamatan di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango banjir. Oleh sebab itu dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. M. Adnas, M.Si langsung memerintahkan personel guna melakukan evakuasi korban dan membantu warga lainnya untuk mengangkut barang yang masih bisa diselamatkan.

Penulis : Fandi

Editor : Irda

Publish : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x