Polda Gorontalo Berhasil Menangkap Penjual Burung Dilindungi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pada hari Jumat 9/6/2017 telah dilakukan penindakan terhadap SP (26) dirumahnya di Dusun Kalpataru Desa Payunga Kec. Batudaa Kab. Gorontalo oleh PPNS Seksi KSDA Wil 3 Manado diback up Personel Direskrimsus Polda Gorontalo.

Menurut keterangan Dir Reskrimsus Polda Gorontalo Kombes Pol Totok Suharyanto SIK,M.Hum bahwa penindakan terhadap SP dilakukan karena SP di duga memiliki, menyimpan dan memelihara satwa jenis burung yg dilindungi. “Pelaku didatangi ke rumahnya karena diduga memiliki, menyimpan dan memelihara satwa yang dilindungi,”ujar Totok.

Kejadian ini berawal ketika pelaku menawarkan/ menjual satwa jenis burung yang dilindungi melalui media sosial FB selanjutnya oleh PPNS KSDA wil 3 Manado melakukan penyelidikan dan diback up oleh Personel Ditreksrimsus Polda Gorontalo mendatangi ke rumah pelaku dan ditemukan ada 15 ekor satwa jenis burung dilindungi antara lain Burung Nuri merah berkepala hitam, burung Kakak Tua Putih Jambul Kuning, burung Kakak Tua Putih Kecil Jambul Kuning, burung Perkicidora, burung Kasturi Ternate,” jelas Totok.

Totok menambahkan bahwa SP dan para saksi sementara diperiksa oleh penyidik PPNS KSDA dikantornya.

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono, SIK saat dihubungi menjelaskan bahwa memang benar telah dilakukan penindakan terhadap salah satu warga di Kecamatan Batudaa tepatnya di Dusun Kalpataru Desa Payunga oleh tim gabangan dari PPNS KSDA dan Ditreskrimsus Polda Gorontalo karena memiliki dan menyimpang satwa burung dilindungi dan rencana akan dijual yang ditawarkan melalui Fb. ” Pelaku dan beberap saksi sementara diperiksa oleh Penyidik PPNS dari BKSDA dan di back up secara tehnis oleh Dit Reskrimsus Polda Gorontalo.dan Tadi Siang sudah dilaksanakan gelar di Polda dan diberikan petunjuk tehnis oleh Dir Reskrimsus untuk proses hukum selanjutnya,”jelas Wahyu.

Barang Bukti yang berhasil diamankan yaitu satwa burung dilindungi sebanyak 15 ekor dengan rincian 7 ekor burung Nuri Merah Kepala Hitam (Lorius Dome ellus), 3 ekor burung Kakak Tua Putih Jambul Kuning (Cacatua Gallerita),  1 ekor burung Kakak Tua Putih Kecil Jambul Kuning (Cacatua Sulphurea), 1 ekor burung Perkicidora (Lorius Lorratus), 3 ekor burung Kasturi Ternate (Lorius Garullus) saat ini di titip di kantor KSDA wil 2 Gorontalo,”tambah wahyu.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Hardiyanti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x