10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Ops Zebra Otanaha 2019 Utamakan Tindakan Hukum Bagi Pengendara Yang Melanggar

Tribratanewd.gorontalo.polri.go.id – Ditlantas Polda Gorontalo, Dalam rangka menghadapi Operasi Zebra yang tinggal berlangsung selama 1 minggu lagi, Ditlantas Polda Gorontalo dan jajaran lebih gencar lagi melaksanakan Operasi Zebra Otanaha 2019, terlihat siang tadi di Jl. Agus Salim tepatnya Depan Bank BRI Agus Salim, Pukul 10.30 Wita Senin, 28/10/2019.

Dalam hal ini Kabag Ops Ditlantas Polda Gorontalo AKBP Gatot Sudibyo turun langsung ke masyarakat untuk memeriksa khususnya pengendara roda dua dan empat untuk melihat kelengkapan surat dalam berkendaraan.

Ia juga memastikan dalam operasi Zebra kali ini pihaknya akan lebih banyak melakukan penindakan hukum tanpa memberikan teguran. Sebelum Operasi Zebra ini digelar, teguran sudah dilakukan dalam operasi patuh beberapa waktu lalu dengan mengutamakan hunting.

Namun, dalam Operasi Zebra ini, dalam melakukan penindakan terhadap para pengendara yang melakukan pelanggaran, petugas satlantas akan lebih banyak melakukan penindakan secara stasioner ketimbang hunting.

“Operasi kepolisian ini kan dibagi menjadi tiga tahap, pertama simpatik yaitu penyuluhan, patuh itu yang sifatnya lebih banyak penekanan, begitu zebra masyarakat harus tertib berlalu lintas,” tegasnya.

Ia menegaskan ada delapan jenis pelanggaran yang akan menjadi sasaran petugas untuk ditindak dalam operasi Zebra Otanaha 2019. Kedelapan pelanggaran tersebut terkait kendaraan roda dua maupun empat, yakni pengemudi yang menggunakan atau memainkan handphone saat berkendara, melawan arus, pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas untuk muatan dan orang.

“Kemudian pengemudi kendaraan di bawah umur, pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang menggunakan narkoba, dan mabuk serta kenderaan roda dua yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari,” tegasnya.

Penulis   : Pid Dit Lantas

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x