September 20, 2021

Polres Bone Bolango

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Bone Bolango

2 Personel Polres Bone Bolango Lulus Terpilih pada Seleksi Pendidikan SIP Intelkam

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Senin 25/9 pk 13.00 wita di Rupatama Polda Gorontalo digelar sidang kelulusan seleksi pendidikan SIP Intelkam TA. 2017. Sidang terawbut dipimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail MH didampingi Wakapolda Kombes Pol Drs Eko Sukriyanto. Hadir dalam giat tersebut Karo SDM AKBP Defrian Donimando,SIK. MH beserta beberapa Pejabat Utama Polda yang telah ditunjuj dalam Panitia Seleksi SIP Intelkam Panda Gorontalo.

Dalam sambutannya membuka sidang Kapolda mengatakan bahwa dalam seleksi SIP Intelkam penilaian dilaksanakan secara terbuka/ transparan.

“Seleksi SIP Intelkam ini dilaksanakan secara terbuka atau transparan, tidak ada unsur KKN, para peserta bisa langsung mengetahui hasil setiap tahapan tes karena langsung diumumkan, kata Kapolda.

Selanjutnya Karo SDM Kombes Defrian Donimando,SIK MH memaparkan tentang laporan hasil kegiatan pelaksanaan seleksi SIP Intelkam.

“Bahwa untuk animo peserta seleksi SIP Intelkam TA. 2017 di Gorontalo hanya ada 12 orang dengan rincian 11 orang Polki dan 1 orang Polwan. Tahapan seleksi yang dilaksanakan antara lain Pemeriksaan Administrasi, Tes Psikologi, Tes pemeriksaan kesehatan, Tes Naskah Karya Perorangan, dan tes kesemaptaan jasmani.

Dari 12 Peserta pada tes psikologi gugur 3 orang sehingga tersisa 8 orang dan setelah dilaksanakan tes pemeriksaan kesehatan peserta gugur 2 orang sehingga peserta menjadi 6 orang dan hasil tes kesemaptaan jasmani 1 orang dinyatakan gugur karena tidak mencapai batas kelulusan sehingga tersisa hanya 5 orang, kata Defrian.

Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri, Kuota didik seleksi SIP Intelkam TA.2017 Polda Gorontalo sebanyak 2 orang, sehingga 2 orang ini nantinya dipilih dari jumlah komulatif nilai yang telah diperoleh berdasarkan tahapan tes yang sudah dilaksanakan, tambah Defrian.

Selanjutnya Kabag Dalpers Akbp Dedi Dewanto  secara terbuka memaparkan perolehan nilai dari 5 orang peserta tes yang tersisa dan dihitung menggunakan program excel serta disaksikan langsung oleh kelima peserta tersebut dan hasil akhir adalah 2 orang dinyatakan Lulus terpilih yaitu    Bripka Eldo Arif Sibie Raung, SH dan Bripka Yusri Kiayi SH dengan nilai diatas 74. Kedua- duanya adalah personel Polres Bone Bolango yang satu berdinas sebagai Ps. Kanit Intelkam di Polsek Tapa Polres Bone Bolango dan yang satunya lagi berdinas sebagai kanit I Sat Intelkam Polres Bone Bolango.

Sebelum menutup sidang penetapan Kelulusan Peserta Seleksi SIP Intelkam TA. 2017 Kapolda memberikam ucapan selamat kepada peserta yang lulus dan terpilih.

“Tadi secara transparan sudah kita saksikan bersama hasil rekapitulasi nilai komulatif dari sejak tes awal hingga akhir dan tidak ada rekayasa sama sekali dan sudah diperoleh ranking dan saya ucapkan selamat bagi peserta yang lulus dan terpilih untuk mengikuti pendidikan SIP Intelkam, pesan saya agar jangan melakukan pelanggaran yabg nantinya akan merugikan diri sendiri, banyak pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman sebelumnya dimana salah satu perwira Gorontalo harus kembali karena melakykan pelanggaran selama pendidikan, agar hal ini tidak terulanh kembali dan baginyabg belum terpilih agar tetap bersabar jangan putus asa masih banyak kesempatan di tahun mendatang dan agar bisa dipersiapkan jauh-jauh hari jika memang ingin menjadi perwira, pesan kapolda.

Akhirnya pada pukul 14.45 wita Kapolda menutup sidang penetapan kelulusan tersebut dengan tertib dan lancar.

Kabid Humas Akbp Wahyu SIK menjelaskan bahwa seleka SIP Intelkam tahun ini merupakan kali kedua dimana tahun kemarin Polda Gorontalo mendapat 3 kuota sesangkan tahun ini tutun hanya 2 kuota karena memang animo peserta seleksi tahun ininjuga mengalami penurunan.

” Seleksi SIP Intelkam tahun ini merupakan yang kedua dimana sebelumnya Polda Gorontalo mengirimkan 2 orang namun tahun ini kita hanya mendapat jatah kuota 3 orang hal ini karena jumlah animo peserta yang juga sedikit hanya 12 orang. dan dari sidang secara terbuka tadi sudah diperoleh hasil 2 orang yang dinyatakan lulus terpilih dan kedua-duanya adalah personel Polres Bone Bolango. Saya sendiri turut bangga karena mantan anak buah saya di Bone Bolango semuanya bisa lulus dan terpilih mengikuti pendidikan SIP Intelkam dan nantinya lulus dari sekolah tersebut mereka berpangkat perwira.

Tadi Kapolda sudah berpesan agar kepada keduanya agar bisa menjaga nama baik kesatuan selam di pendidikan dan jangan melakukan pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, Sekali lagi sukses dan selamat buat 2 orang Personel Polres Bone Bolango yang berhasil Lulus terpilih, Bripka Eldo Raung dan Bripka Yusri Kiyai, tutup wahyu.

Penulis         : Wahyu

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x