Ngopi Bauni Polda Gorontalo, Bahas Peningkatan Kualitas SDM Polri Melalui Pembangunan SPN Batudaa

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Rabu/09/2017, Pukul 09.00 Wita Humas Polda Gorontalo Laksanakan kegiatan dialog Interaktif “NGOPI BAUNI” Ngobrol Pintar Bahas Update Terkini di warung Kopi Kepo dengan Tema: PENINGKATAN KUALITAS SDM POLRI MELALUI PEMBANGUNAN SPN BATUDAA, dengan menghadirkan Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol.  Agus, Supriyanto, SIK, Ketua DPRD Propinsi Gorontalo Dr. Drs. Paris R. A, Jusuf, S.Sos, M.Si dan pakar Kebijakan Publik Prof. Dr. Julianto Kadji.

Dalam dialog tersebut terungkap bahwa dengan adanya pembangunan SPN Batudaa adalah bentuk perhatian dari Kapolda Gorontalo Brigadir jenderal Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH kepada masyarakat dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam memajukan percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. “ungkap Irwasda”

Hal ini melihat rekrutmen anggota Polri sangat minim mengingat penyebaran anggota Polri kepada masyarakat masih kurang yang semestinya untuk anggota Polda 8.862 orang  personil namun anggota Polda baru mencapai 48,2 %, bukan itu pula kurang profesionalnya anggota dalam pelayanan masyarakat sehingganya upayanya Polda harus kuat,  Polres Cukup,  Polsek sebagai garda terdepan belum terpenuhi,  begitu pula dengan kebutuhan personil Bhabinkamtibmas yang semestinya melaksanakan kegiatan mereka di lingkungan masyarakat binaannya namun masih melaksanakan tugas – tugas diluar tugas dari pada bhabinkamtimas hal ini juga menjadi suatu kekurangan Polri dalam kepuasan masyarakat dalam pelayanan. “jelas Irwasda”

Dengan disampaikan pula bahwa dengan adanya pembangunan SPN juga dapat memberikan kwalitas dan kwantitas Polri dalam hal pelayanan kepada masyarakat propinsi Gorontalo, dan bukan cuma itu pula jelas dari Irwasda masih banyak lagi, yang harus di benahi sehingga dengan adanya SPN ini bisa memberikan hal yang positif terhadap Polri kedepan untuk memenuhi pelayanan masyakat,  mengingat ditahun 2017 ini yang direkrut oleh Polda Gorontalo hanya 115 personil,  dan i allah dengan adanya SPN ini dibangun  kuotanya akan meningkat menjadi 200 personil yang akan didik di SPN Batudaa nantinya. “tuturnya”

Disamping itu dari pakar publik menyampaikan bahwa prinsip dasar adanya pembangunan SPN ini adalah lahirnya dari hak asasi manusia yang tentunya sangat diapresiasi oleh masyarakat propinsi Gorontalo, begitu pula dengan DPRD provinsi Gorontalo sangat mensuport adanya generasi –  generasi yang akan direkrut menjadi anggota Bintara Polri di SPN kedepan ini. “tuturnya”

Hal ini ketua DPRD menegaskan bahwa dirinya sangat kagum dan menyampaikan luar biasa atas kerja keras Kapolda dan jajaran, sehingga dengan hal ini DPRD untuk meningkatkan sumber daya manusia DPR sebagai legislator artinya membuat peraturan-peraturan daerah yang didalamnya ada keamanan sehingga Polri dengan DPRD tidak dapat dipisahkan. “jelasnya”

Dan untuk pengawasan DPRD, sangat menyepakati yang dilaksanakan oleh Polda Gorontalo serta menyepakati anggaran sebesar 5M dihibakan untuk pembangunan SPN, dan ini adalah bentuk support dari DPRD kepada   Kapolda mewujudkan SPN ini serta bentuk Rasa syukur masyarakat terhadap SPN akan dibangun di Provinsi Gorontalo karena sudah lama ditungu –  tunggu oleh masyarakat sejak dari dulu 10 tahun sebelumnya.  ” tegas Ketua DPRD”

Untuk menyikapi hal ini masyakat maupun kalangan mahasiswa yang hadir pada saat dialog interaktif tersebut menanyakan tentang keberadaan SPN batudaa dan bagaimana harapannya kedepan.

Dan hal ini dijelaskan bahwa harapannya bahwa SPN ini adalah untuk masyarakat Propinsi Gorontalo, karena didalamnya fasilitasnya sudah sangat memadai dimana didalam SPN sudah ada fasilitas olah raganya berupa lapangan bola, Volleyball, bahkan akan ada kolam renang yang akan dibangun di Dalam SPN tersebut dan hal ini bisa dipergunakan untuk Pemerintah dan masyarakat yang hendak membuat suatu acara atau pelatihan –  patihan,  namun untuk yang dari luar daerah yang akan menggunakan tentukan harus membayar PMBPnya untuk di setor kepada negara. “tutupnya irwasda”

Untuk menyikapi hal tersebut Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK, menambahkan bahwa kegiatan NGOPI BAUNI dilaksanakan untuk mengetahui kegiatan yang dilaksanakan oleh Polri kbususnya Polda Gorontalo Guna untuk menyikapi perkembangan situasi wilayah serta percepatan pembangunan SPN batudaa ke depan melalui dialog Interaktif agar diketahui oleh publik.

Penulis         : Halim

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x