Guna Tingkatkan Kinerja Penyidik, Kapolda Gorontalo Kumpulkan Seluruh Personil Reskrim

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Bertempat di ruang Titinepo Polda Gorontalo, berlangsung kegiatan Gelar Perkara dan Asistensi Penyelesaian Tunggakan Perkara Tahun 2012 s/d 2016 Polda Gorontalo dan Polres Jajaran, Kamis 28 September 2017 pukul 09.00 Wita.

Dalam kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal polisi Drs. Rahmat Fudail, MH didampingi Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs. Eko Sukriyanto dan Dir Reskrim Khusus, serta dihadiri juga oleh Kapolres Gorontalo Kota, Kapolres Gorontalo, Para Kasubdit Dit Reskrim Khusus/Umum, dan juga personil Reskrim, baik yang ada di Polda Gorontalo maupun di Polres jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Gorontalo memberikan arahan kepada para personil, yang pada arahannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan analisa dan evaluasi dari hasil pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan oleh Dit Reskrimum dan Dit Reskrimsus Polda Gorontalo serta seluruh satuan Reserse Kriminal Polres jajaran berkaitan tingginya angka tunggakan perkara, serta mencari solusi dalam menyelesaikan tunggakan perkara yang ditangani sejak tahun 2012 sampai dengan 2016, dengan tujuan untuk lebih mengoptimalkan kinerja dan kesiapan dalam menghadapi pelaksanaan tugas-tugas kedepan khususnya di bidang penanganan perkara.

“Melihat perkembangan situasi Kamtibmas di Wilayah Polda Gorontalo sampai dengan saat ini masih relative aman dan kondusif, berdasarkan data laporan gangguan Kamtibmas yang masuk di Polda Gorontalo dan Polres jajaran selama periode Januari s/d agustus 2017 masih cukup banyak tercatat kasus yang didominasi oleh kasus penganiayaan, pencurian dan penipuan”, imbuh Kapolda.

Untuk itu melalui kegiatan ini, Kapolda Gorontalo berharap agar dapat mencari akar permasalahan untuk kemudian dicarikan solusi yang tepat guna menyelesaikan seluruh tunggakan yang ada.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kapolda Gorontalo mengingatkan bahwa tantangan tugas kedepan akan semakin meningkat dan sangat kompleks, tidak saja karena pengaruh perkembangan lingkungan strategis, termasuk didalamnya rasa keinginan masyarakat yang tinggi terhadap kecepatan dan ketepatan dalam proses penanganan perkara.

Kapolda Gorontalo pada kegiatan ini juga memberikan beberapa penekanan yang harus ditindak lanjuti oleh seluruh jajaran Reskrim baik ditingkat Direktorat maupun Polres jajaran. Beberapa penekanan tersebut ialah Kapolda menyampaikan agar melaksanakan setiap tugas dengan ikhlas, tanpa pamrih apapun kepada masyarakat, serta menghilangkan budaya Koruptif, agar kita tidak memiliki beban dalam pelaksanaan tugas, menigkatkan pengawasan secara berjenjang dalam proses penyidikan, cek ricek dan counter ricek terhadap seluruh perkara yang ditangani, karena jangan sampai perkara tersebut tidak tuntas yang pada akhirnya hanya menambah hutang kita terhadap penanganan perkara setiap tahunnya.

“Untuk itu, Kapolda berharap agar penekanan tersebut dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar kedepan kita dapat memperoleh hasil yang positif dan bermanfaat bagi kita dalam rangka mewujudkan dalam rangka mewujudkan penyidik dan penyidik pembantu Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya”, Ungkap Kapolda.

Penulis         : Fandi

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x