WAKAPOLDA PIMPIN RAPAT KOORDINASI PANITIA SELEKSI PENDIDIKAN SIP INTELKAM TA 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Di Rupatama Polda Gorontalo Jumat 8/9 pukul 10.00 wita telah dilaksanakan rapat koordinasi penitia seleksi Sekolah Inspektur Polisi ( SIP) Intelkam TA 2017.  Bertindak selaku pimpinan rapat adalah Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs Eko Sukriyanto.

Adapun yang hadir dalam rapat hari ini adalah Karo SDM, Dir Pam Obvit, Dir Intelkam, Dir Bimmas, Kabid Propam, Kabid Dokkes , Kabid Humas, Perwakilan Diknas Propinsi dan Staf Biro SDM.

Dalam arahannya, Wakapolda menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakan rapat koordinasi tersebut.

“Rapat kali ini dilaksanakan untuk memberikan informasi  kepada para Pejabat Polda yang telah ditunjuk selaku panitia tentang jadwal tahapan , persyaratan seleksi serta kondisi animo personel jajaran Polda baik yang memenuhi syarat maupun yang telah mendaftarkan diri menjadi peserta seleksi, “kata Eko.

Selesai arahan pembukaan dari Wakapolda, dilanjutkan paparan oleh Karo SDM Kombes Pol  Nanang Chadarusman, SIK, MH . Dalam paparannya  Kombes Nanang menyampaikan bahwa Seleksi SIP Intelkam ini merupakan yang ke-2 dan untuk tahun ini pembukaan Pendidikannya dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2017 selanjutnya untuk tahapan seleksi dimulai tanggal 8 s/d 11 September 2017 yaitu pemeriksaan administrasi, 12 September Tes Psikologi, tanggal 13 s/d 15 Tes Kesehatan, tanggal 18 September Tes Akademis dan NKP , tanggal 19 s/d 20 September Tes Kesemaptaan jasmani selanjutnya, tanggal 22 s/d 25 September Pengumuman kelulusan tingkat Panda, jelas Nanang.

Nanang juga menginformasikan bahwa jumlah animo yang penuhi syarat sebanyak 42 orang  sedangkan animo pendaftar sampai dengan saat ini hanya 12 orang dengan  alasan, mulai dari masalah kesehatan, belum siap administrasi maupun alasan lainnya.

Menanggapi paparan Karo SDM, Wakapolda Kombes Eko menekankan ” Saya minta panitia yangbtelah ditunjuk dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, jangan ada yang bermain mata, pedomani prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis), diharapkan taati jadwal yang sudah ada, untuk Karo SDM agar mengupayakan animo peserta bisa bertambah agar kuota untuk penerimaannya juga bisa bertambah, “jelas Kombes Eko.

Pada kesempatan selanjutnya Kabid Propam AKBP Eko Irianto SIK  menyampaikan bahwa “Dari Propam guna menghindari terjadinya penyimpangan dalam proses tahapan seleksi telah menyiapkan personel untuk mengawasi pada setiap tahapan termasuk pengamanan naskah ujian,”jelas mantan Kapolres Minahasa Utara.

Selanjutnya dari Dir Intel Kombes Pol Drs Jamal Ahmad Yani MH menyampaikan usulan bahwa animo peserta SIP sangat sesikit agar Karo SDM bisa ambil langkah bila perlu mereka yang memenuhi syarat bisa seluruhnya ikuti tes seleksi dan bagi yangtidak ikut diberikan sanksi namun dalam pelaksanaannya tetap melihat sisi kualitas personel tersebut, ” Usul Jamal. Selanjutnya dari Kabid Dokkes Drg Waloeyo memberikan gambaran tentang tes pemeriksaan kesehatan yang nantinya akan dilaksanakan” Jika animo banyak maka akan ada 2 tahap tes kesehatan  sedangkan jika animonya sedikit maka tahapan tersebut akan digabung sekaligus, dengan rincian untuk tahap 1 riksa kesehatan fisik ( luar dalam) sedangkan tahap 2 adalah riksa berkaitan dengan laboratorium, EKG dan Rontgen dan untuk EKG dan Rognten nantinya Dokter mitra yang akan menilainya, dan kita laksanakan sesuai Perkap, jelas Waloeyo.

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK menjelaskan bahwa rapat koordinasi yang dilaksanakan dan dipimpin oleh Wakapolda adalah sebagai sosialisasi kepada para pejabat yang telah ditunjuk sebagai panitia  seleksi SIP Intelkam tentang jadwal tahapan seleksi hingga tugas dan tanggung jawab masing-masing panitia, dan hal tersebut nantinya menjadi pedoman saat pelaksanaan seleksi, untuk tes SIP Intelkam akam dimulai tanggal 8 September, dengan tahapan tes Rikmin, Tes Psikologi, Tes Kesehatan, Tes Administrasi dan NKP,  dan Tes kesemaptaan jasmani , kata Wahyu.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x