KAPOLDA GORONTALO BERI PESAN DAN INSTRUKSI MENGHADAPI DINAMIKA TAHUN POLITIK

Pimpin Upacara peringatan HUT Polda Gorontalo Ke-20 Pagi Tadi, Selasa, (21/3/2023) di Lapangan Mapolda, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K., M. Si menyampaikan instruksi kepada seluruh jajaran dalam rangka menghadapi tahun politik.

Kapolda Helmy mengingatkan, bahwa pentahapan kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2023 ini, yang merupakan masa transisi sebelum memasuki pesta demokrasi tahun depan.

Pernyataan itu disampaikan Kapolda Helmy Santika dihadapan para tamu undangan dan seluruh personel Polda Gorontalo saat mengikuti upacara peringatan HUT Polda Gorontalo.

“Situasi perkembangan dan dinamika politik, diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal, maupun kontak fisik antar kelompok massa berseberangan, yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu”,ujar Helmy

Kapolda Gorontalo menyampaikan beberapa pesan dan instruksi kepada seluruh jajaran untuk dapat dilaksanakan, sebagai berikut:

  1. Tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.
  2. Tanamkan terus kesadaran diri, bahwa profesi kepolisian yang saudara pilih, merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan negara. oleh karena itu, tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota polri, dengan memberikan pengabdian serta karya yang terbaik;
  3. Tingkatkan kesiapsiagaan operasional, untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran aparat kepolisian tidak terkesan terdadak, dalam menangani konflik komunal, maupun tindakan anarkis lainnya;
  4. Optimalkan kemampuan personel jajaran polri, melalui pelatihan rutin yang sistematis, lengkapi dengan prosedur tetap yang jelas dan terukur, serta didukung dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan;
  5. Tingkatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi dengan jajaran tni dan pemerintah daerah serta segenap stakeholder lainnya sebagai implementasi dari pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dalam rangka mensukseskan pemilu 2024.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, S.I.K., menegaskan bahwa seluruh jajaran Polri khususnya Polda Gorontalo bersikap netral dan siap mengawal tahapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, pada Pasal 28 ayat (1) yang berbunyi Polri bersikap netral dalam kehidupan politik tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Ayat (2) berbunyi, anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih”,tegasnya.

Penulis : Alex

Publish : Karim

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x