4 Februari 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Antisipasi Barang-Barang Ilegal di Objek Vital, Samapta Polda Gorontalo Libatkan Unit K-9 Dalam Patroli Rutin

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Unit Polisi Satwa (K-9) merupakan salah satu unit yang berada di bawah Direktorat Samapta (Dit Samapta) Kepolisian Daerah Gorontalo.

Sesuai namanya, salah satu tugas Unit ini yaitu mengoperasionalkan satwa khususnya anjing dalam melaksanakan berbagai tugas spesifik yaitu untuk melaksanakan sterilisasi, mencari keberadaan benda terlarang, pengendalian massa hingga terlibat dalam kegiatan search and rescue (SAR), Kamis (29/09).

Diterangkan Direktur Samapta Polda Gorontalo Kombes Pol. Teguh Hardiyoh Wibisino, SIK, Tujuan Patroli kali ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya penyelundupan barang-barang ilegal/berbahaya Narkotika serta tercipta suatu kondisi Kamtibmas yang kondusif, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar, aman dan nyaman.

“patroli ini dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan dalam masuknya barang haram ke wilayah Provinsi Gorontalo, dimana diketahui bersama barang haram tersebut sering kali masuk melalui kiriman paket dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Tugas ini sangat penting dalam upaya Kepolisian untuk mensterilkan area sensitif khususnya area yang sering dijadikan tempat masyarakat berkumpul.

“Dalam pelaksanaan patroli, kita juga libatkan Unit K-9, dimana hal ini untuk mencegah adanya barang-barang ilegal masuk ke Wilayah Provinsi Gorontalo, dan patroli Unit K-9 sendiri lebih banyak diturunkan ke lokasi objek vital,” pungkas Teguh. 

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x