30 September 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

KAPOLDA GORONTALO TEKANKAN POLRES JAJARAN BERI PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT SECARA MAKSIMAL SELAMA OPERASI KETUPAT OTANAHA 2022.

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pelaksanaan Operasi Ketupat Otanaha 2022 berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya pada tahun ini pemerintah telah memberikan banyak kelonggaran kepada masyarakat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Adanya kelonggaran ini tentunya akan berdampak terjadinya lonjakan pemudik termasuk meningkatkan aktifitas masyarakat menyambut 1 Syawal 1443 H. Hal inilah yang kemudian menjadi penekanan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK., M.SI., M.M saat memimpin analisa dan evaluasi pelaksanaan operasi Ketupat Otanaha-2022 yang diikuti oleh Wakapolda, Irwasda, Para PJU , Para Kapolres dan Kapolsek Jajaran Polda Gorontalo di ruang Vicon Polda Gorontalo.

“Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, kalau tahun kemarin ada pembatasan-pembatasan baik mudik maupun kegiatan masyarakat, sedangkan tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran, ini yang perlu diantisipasi oleh kita dalam pelaksanaan operasi Ketupat tahun ini, agar masyarakat bisa mudik ataupun merayakan Idul Fitri dengan Sehat dan Nyaman,”kata Wiyagus saat berikan arahan melalui video conference (Vicon).

Kapolda Wiyagus menekankan kepada Satgas Operasi Ketupat Otanaha baik Polda dan Polres untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Hasil evaluasi masih ditemukan beberapa titik kemacetan lalu lintas terutama di wilayah Kota Gorontalo yang tidak tampak anggota Polisi yang melaksanakan pengaturan, agar hal ini tidak terjadi lagi, lakukan rekayasa lalu lintas secara tepat, dan tempatkan personel di simpul-simpul kemacetan agar bisa segera terurai dan lalu lintas menjadi lancar,” Terang mantan penyidik KPK tersebut.

Wiyagus juga menjelaskan bahwa di beberapa ruas jalan di kota Gorontalo sedang ada perbaikan saluran air ditambah adanya tradisi pasar senggol dan malam pasang lampu Tumbilotohe berdampak terjadinya kemacetan lalu lintas.

“Yang terpenting saat terjadi kemacetan, ada petugas polantas disana untuk mengurai arus lalu lintas,jangan sampai kosong,” Tegas Wiyagus.

Selain itu kewaspadaan petugas pos pengamanan juga menjadi atensi Jenderal Bintang Dua tersebut.

“Seluruh fungsi kepolisian agar hadir melaksanakan tupoksinya , baik yang preemtif maupun preventif juga represif apabila ditemukan adanya pelanggaran hukum, namun demikian kewaspadaan anggota saat menjalankan tugas di Pos Pengamanan harus tetap ditingkatkan dari ancaman teroris sebagaimana yang pernah terjadi di beberapa wilayah di Jawa beberapa tahun lalu,”Tegas Alumnus Akpol 1989 tersebut.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK mengatakan bahwa dalam pengamanan giat masyarakat menyambut Idul Fitri 1443 H, telah menyiapkan personel Gabungan TNI Polri dan Instansi terkait sebanyak 1935 orang.

“Dalam pelaksanaan operasi kemanusiaan Ketupat Otanaha 2022 tahun ini, Polda Gorontalo menyiapkan 1935 personel gabungan terdiri dari Polri 1.119 orang, TNI 178 orang, instansi terkait 638 orang, yang melaksanakan tugas pengamanan di 32 Posko yang terdiri dari 19 pos pengamanan, 9 pos pelayanan dan 4 pos terpadu sejak tanggal 28 april kemarin hingga nanti tradisi lebaran ketupat tanggal 9 Mei 2022,”Kata Wahyu.

Wahyu berharap masyarakat turut andil untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif.

“Pengamanan yang kita siapkan tentu tidak bisa optimal tanpa peran dukungan dari masyarakat, oleh karena itu kami sangat berharap peran serta masyarakat utuk turut menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, terkait tradisi lebaran ketupat kami juga sudah siapkan rekayasa lalu lintas dan sudah disosialisasi di media sosial Facebook Quick Respon Polda Gorontalo, silakan masyakarakat bisa melihatnya agar sedini mungkin bisa kita cegah terjadinya kemacetan lalu lintas,”ujar Wahyu.

Penulis : Wtc

Editor : Jenry

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x