Antisipasi Aksi Unjuk Rasa BEM seluruh Indonesia, Polda Gorontalo Gelar Tactical Floor Game (TFG)

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id- Polda Gorontalo, Dalam rangka mengantisipasi adanya unjuk rasa oleh BEM seluruh Indonesia, Polda Gorontalo menggelar simulasi pengamanan atau Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan di Aula Titinepo Polda Gorontalo, Minggu (10/04).

Pada pelaksanaan TFG kali ini diawaki langsung oleh Polres Gorontalo Kota, Dimana para pendemo rencananya akan menggelar aksi unjuk rasa di wilayah Kota Gorontalo.

Turut hadir dalam pelaksanaan TFG Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, MM didampingi Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, MH, Karo Ops Polda Gorontalo, para pejabat Utama Polda Gorontalo, Kasrem 133/NWB Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S, dan Para Kapolres jajaran.

Kapolda Gorontalo dalam arahannya menyampaikan, tujuan dilakukannya TFG ini tidak lain untuk memberikan gambaran kepada setiap perwira yang akan memimpin personil pengamanan dilapangan agar dapat menguasai SOP dalam menghadapi aksi unjuk rasa mahasiswa pada besok nanti.

“Dalam simulasi tersebut setiap perwira yang bertanggung jawab dalam menggerakkan pasukannya mensimulasikan pengamanan seperti kejadian nyata melalui sarana yang telah disiapkan. Untuk diketahui bahwa simulasi yang digelar menggunakan skenario dalam kondisi aman hingga terjadinya aksi unjuk rasa anarkis,” terangnya.

Kapolda Wiyagus melalui kesempatan tersebut juga berharap dengan dilakukannya simulasi ini seluruh perwira pengendali lapangan baik dari Polda dan Polres jajaran dapat memahami tahapan dalam penanganan aksi unjuk rasa guna menghindari kesalahan prosedur.

“Pada pengamanan nanti, kita harus humanis karena yang akan menyampaikan aspirasi adalah anak-anak kita mahasiswa dan prosesnya kewajiban kita adalah mengamankan kemudian memfasilitasi dialog sesuai dengan anak-anak mahasiswa sehingga aspirasinya benar benar tersampaikan,” ungkap Wiyagus.

Dikatakan Wiyagus, Selain melaksanakan pengamanan unras, kita juga harus mengantisipasi pihak-pihak ketiga yang ingin memprovokasi atau memanfaatkan pelaksanaan unjuk rasa untuk kepentingan lain.

“Jaga kesiapan diri, pahami dan pedomani tugas kita, semua ada dalam perkap, dan dilaksanakan pada giat PAM unras besok,” harap Wiyagus.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK menambahkan bahwa, TFG ini dilaksanakan tidak hanya di Polda namun seluruh Polres juga melaksanakan yang diawasi langsung oleh Pamatwil yakni para PJU yang telah ditunjuk untuk memberikan asistensi CB (Cara Bertindak) pengamanan di masing-masing Polres.

“Jajaran Polres di Polda Gorontalo menyikapi unjuk rasa ini juga turut menggelar TFG, yang hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai situasi maupun cara bertindak di Lapangan,” terang Wahyu.

Penulis : Fandi

Editor : Jenry

Publish : Karim

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x