SINERGISITAS MASYARAKAT, POLRI, DAN PEMERINTAH KUNCI PENANGGULANGAN RADIKALISME

Kunci utama dalam menanggulangi gerakan terorisme adalah peran sinergisitas antara pemerintah, masyarakat dan juga kepolisian untuk menekan radikalisme.

Awal keterlibatan paham radikalis bermula lewat kegiatan kelompok tertentu yang sering membahas doktrin-doktrin keagamaan sampai pada akhirnya belajar cara perakitan senjata api. Meski sekarang sudah tobat dan hidup di tengah masyarakat, namun masih saja mendapatkan stigma negatif.

Radikalisme mudah sangat tersebar melalui kelompok atau komunitas diskusi keagamaan dengan menekan prinsip untuk tidak sepaham dengan ideologi pemerintah yang sah.

Oleh karena itu, peran serta masyarakat memang kunci utama, pemerintah juga turut andil dalam membuat program-program bertema wawasan kebangsaan yang harapannya bisa memberikan dukungan dalam kegiatan menangani paham radikal di tengah masyarakat.

Radikalisme dengan berujung aksi teror adalah hal yang sangat mengkhawatirkan bila tidak tertangani sampai lingkup terkecil. Paham radikalisme saat ini sangat mudah mendapat simpatisan karena teknologi informasi hampir bisa diakses semua kalangan.

Menyikapi hal ini, penting juga bagi kita menekan pengawasan media informasi, karena penyebaran paham tersebut sangat bisa diakses dan dicerna generasi saat bila tidak ada kesadaran cinta tanah air dan generasi milenial saat ini sangat mudah terpapar paham radikalisme melalui berbagai kanal media informasi yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x