Kapolda Gorontalo : Seleksi Penerimaan Anggota Polri Kedepankan Standar Protokol Kesehatan

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis 02 Juli 2020, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. M. Adnas, M.Si memimpin secara langsung Penandatanganan Pakta Integritas Seleksi Penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri T.A 2020 Panda Gorontalo.

Pada kegiatan ini Kapolda Gorontalo didampingi oleh Wakapolda Gorontalo dan Irwasda Polda Gorontalo serta dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Panitia Seleksi, para peserta Seleksi, serta orang tua/Wali dari peserta.

Dalam Penandatangan Pakta Integritas kali ini berbeda dengan Pakta Integritas d itahun sebelumnya, dimana kali ini pelaksanaannya dihadiri hanya beberapa peserta dan dilaksanakan secara Virtual dalam rangka mecegah penularan Virus Corona.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. M. Adnas, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kita dalam rangka mewujudkan Proses seleksi penerimaan calon anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH).

Lebih lanjut, Irjen Adnas menjelaskan, kita ketahui bersama bahwa perkembangan situasi dunia saat ini masih dipengaruhi oleh mewabahnya virus Corona (Covid19) hampir seluruh Negara di Dunia. Oleh sebab itu SSDM Polri sesuai dengan petunjuk Kapolri, untuk melanjutkan proses rekrutmen calon anggota Polri dengan mengedepankan standar operasional prosedur protokol kesehatan secara ketat disetiap tahapan seleksi. Seperti pelaksanaan screening terhadap panitia dan peserta seleksi, pembatasan peserta dalam jumlah besar disetiap tahapan seleksi serta pemanfaatan sarana virtual online ataupun media sosial sebagai sarana pendukung guna membatasi berkumpulnya massa dalam jumlah besar seperti yang dilaksanakan dalam kegiatan pemngambilan sumpah dan pakta integritas saat ini.

“Selain itu panitia daerah diwajibkan untuk membuat posko pelayanan kesehatan yang nantinya harus selalu siap melakukan tindakan penanganan terhadap panitia ataupun peserta seleksi yang terindikasi suspect covid19. Upaya-upaya tersebut dilaksanakan guna mendukung proses seleksi penerimaan taruna Akpol dan Tamtama Polri T.A 2020 dapat berjalan dengan optimal dan aman dari penyebaran wabah Covid19,” pinta Kapolda.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK menambahkan, untuk penerimaan tahun ini peserta yang mengikut seleksi AKPOL berjumlah 70 orang dengan rincian 21 Pria dan 5 Wanita, serta untuk seleksi Tamtama diikuti oleh 77 orang dengan rincian 70 Tamtama Brimob dan 7 Tamtama Polair.

“Untuk seleksi penerimaan tahun ini walaupun terdapat beberapa perubahan ataupun penyesuaian, namun bukan berarti proses pelaksanaan seleksi akan mengalami penurunan kualitas dalam merekrut sumber daya manusia yang nantinya akan dididik menjadi anggota Polri. Proses seleksi akan tetap dilaksanakan secara profesional, tanpa mengurangi kualitas dan selalu mengedepankan prinsip BETAH,” jelas Kombes Wahyu.

Penulis : Fandi

Editor : Irda

Publish : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x