Antisipasi Cuaca Ekstrim, Dansat Brimob Gorontalo Lakukan Koordinasi dengan BPBD

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan akan meningkat dan terjadi pada akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020. Provinsi Gorontalo juga merupakan wilayah rawan bencana alam tanah longsor dan banjir.

Untuk mengantisipasi bencana alam tersebut, Dansat Brimob Polda Gorontalo melakukan rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo untuk melakukan langkah antisipasi dalam menyiagakan segala sumber daya baik peralatan maupun personel, dari Brimob maupun BPBD dan stackeholder yang terkait. kegiatan bertempat di kantor SAR Provinsi Gorontalo, dihadiri oleh Kakansar Gorontalo, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo Dansat Brimob Polda Gorontalo dan PJU Satbrimobda Gorontalo.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Gorontalo Drs, H. Sumarwoto, M,Sc menyampaikan dalam menghadapi cuaca ekstrim musim penghujan saat ini kami melakukan rapat koordinasi dengan beberapa unsur terkait guna menentukan langkah dan menyatukan persepsi dalam penanggulangan bencana Alam khusunya di wilayah Provinsi Gorontalo. ” kesiapsiagaan dan kewaspadaan harus dilakukan BPBD kota/kabupaten karena mereka yang terdekat dengan wilayah rawan bencana. BPBD daerah juga didorong melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk relawan dalam mengantisipasi bencana alam.” Pungkasnya

dalam kegiatan tersebut juga di bahas mengenai kesiapan dari masing-masing Unit SAR yang tergelar, Dansat Brimob Polda Gorontalo Akbp Rantau Isnur Eka, S.Ik, MM menjelaskan bahwa Satuan Brimob sendiri sudah menyiagakan personel SAR di masing-masing Jajaran baik itu Batalyon Pelopor maupun Detasemen Gegana. selain itu juga peralatan yang ada di satuan brimob sudah siap untuk di Operasionalkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan penanggulangan bencana Alam.
“kami telah menyiagakan Tim SAR yang ada di jajaran Satbrimob Polda Gorontalo, Tim SAR yang kami miliki sudah dibekali dengan peralatan baik itu Perahu Karet maupun Mobil SAR yang kami miliki siap kami dorong apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan penanggulagan bencana” Tegasnya

selain membahas kesiapan dalam menghadapi cuaca ekstrim diwilayah provinsi gorontalo, Dansat Brimob bersama Kepala BPBD juga langsung menginstruksikan Jajaranya untuk Maping data lokasi kerawanan bencana Alam yang sering terjadi di beberapa wilayah Kabupaten dan Kota yang ada di Pdrovinsi Gorontalo.

Penulis    : Pid Sat Brimob

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x