Kapolda Yakinkan Investor Jepang Aman Berinvestasi di Gorontalo

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kunjungan JICA ke Polda Gorontalo oleh Perwakilan JICA Manabe Makoto, disambut langsung oleh bapak Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Wahyu Widada M.Phil bersama PJU bertempat di Ruang Rupatama Polda Gorontalo, Selasa (03/12/2019)

JICA Partnership Program (JPP) atau Program Kemitraan JICA merupakan suatu program dukungan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang bertujuan mendorong pelaksanaan berbagai proyek pembangunan pada tingkat masyarakat di berbagai negara berkembang yang diprakarsai oleh berbagai mitra pembangunan Jepang (khususnya lembaga swadaya masyarakat atau LSM, pemerintah daerah, Kepolisian dan perguruan tinggi) yang memiliki teknologi dan pengalaman dalam pembangunan dan dalam segi Keamanan.

Setelah POLRI terpisah dari ABRI pada 2000, JICA memulai kerjasamanya dengan POLRI pada 2002 dalam rangka mendukung reformasi polisi, Kegiatan ini tidak hanya terfokus pada pembangunan prasarana (dalam bentuk pos polisi yang dinamakan BKPM yang mendapatkan inspirasi dari “Koban” di Jepang) bagi polisi dan masyarakat untuk membangun komunikasi, tetapi juga pada peningkatan keahlian dan pengetahuan para personil kepolisian dalam mengatasi kejahatan dan masalah sosial lainnya di lingkungan masyarakat.

Pengiriman polisi Jepang ke Indonesia sebagai tenaga ahli serta pengiriman polisi Indonesia ke Jepang untuk pelatihan melalui proyek ini tidak hanya menghasilkan polisi yang berkualitas, tetapi juga menjadikan para pelatih yang mampu menyebarluaskan keahlian dan pengetahuan yang didapatkannya (khususnya di bidang olah TKP) kepada jajaran kepolisian di berbagai wilayah lain di Indonesia. Hasil yang menjadi kunci dari kerjasama ini adalah peluncuran “POLMAS” (Perpolisian Masyarakat) melalui SKEP KAPOLRI No. 737 tahun 2005.

Kegiatan bertukar pendapat dan Update situasi keamanan di Provinsi Gorontalo antara Pihak JICA dengan Polda Gorontalo yang sangat menguntungkan tersebut dimana melalui JICA Jepang akan menginvestasi ke Provinsi Gorontalo dan hasil yang terpenting dari kegiatan ini Kapolda dapat meyakinkan kepada Pihak JICA dimana peningkatan kepercayaan warga Gorontalo terhadap Polisi serta inisiatif warga dan Polisi untuk membangun kemitraan dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan damai agar para investor asing merasa nyaman berada di Provinsi Gorontalo.

Penulis    : Munawir

Editor       : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x