Polda Gorontalo Laksanakan Pembinaan dan Pelatihan Satpam

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo. Dit Binmas Polda Gorontalo memberikan Pembinaan kepada Satuan Pengamanan (Satpam) di Wilayah Kota Gorontalo bertempat di Kantor Grafari Kota Gorontalo, pada hari Sabtu, 15 Juni 2019, Pukul 15.30 wita s/d selesai. Kegiatan pembinaan ini di hadiri Oleh Kasubdit Satpam/Polsus yg diwakili oleh Kasi Binlat Subdit Satpam/Polsus Iptu Simin Djakaria dan Staf Dit Binmas Bripda Yanton G.Umar dan Koordinator Dari Telkomsel (Grafari) a.n Arfan Modjoa dan Telkom a.n. Sugianto Katili.

Kegiatan Pembinaan kepada satpam ini mengungkapkan bahwa Satpam merupakan perpanjangan tangan polisi.

“Satpam itu sejatinya bertugas menjaga keamanan. Yang perlu diperhatikan adalah lambang di sebelah lengan kanan saudara adalah lambang polisi yang itu bermakna bahwa saudara adalah perpanjangan tangan polisi dalam memberikan keamanan,” kata Kasi Binlat Subdit Satpam/Polsus.

Sementara Staf Subdit Satpam/Polsus Bripda Yanton G.Umar ikut menegaskan bunyi yang sama.

“Agenda kami yakni memberikan pembinaan kepada Satpam di wilayah Kota Gorontalo salah satunya ada di Telkomsel (Grafari) dan Telkom. Satpam ini merupakan anggota kepolisian terbatas. Kenapa terbatas karena Bapak-bapak lingkup kerjanya terbatas hanya di lingkungan kerja saja,” tuturnya.

Oleh karena itu, sambungnya, kerja Bapak-bapak diatur oleh Kapolri yaitu Peraturan Kapolri No. 24 Tahun 2007 tentang Pengamanan. Karena itu perlu diperhatikan bahwa Bapak-bapak dalam bekerja ada peraturan yang berlaku bukan semaunya. Satpam juga kalau bekerja harus punya ilmu. Makanya Rasulullah SAW bersabda jika kalian ingin dunia maka harus ada ilmunya.

“Fungsi Satpam itu adalah melindungi dan mengayomi lingkungan/ tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya. Sebagai pelayan, Bapak-bapak tidak diperkenankan marah pada pengunjung Telkomsel dan Telkom yang bapak harus layanin tersebut,” jelasnya.

Dalam memberikan pelayanan tentu ada standarnya, Bapak-bapak kan ada seragam. Maka selama bertugas Bapak-bapak diwajibkan mengenakan seragam tersebut tidak diperkenankan mengenakan kaos.

Sedangkan Koordinator dari perusahaan Telkom A.n. Sugianto Katili menyampaikan ucapan terima kasih kepada pembina fungsi khususnya subdit satpam/polsus dit binmas Polda Gorontalo semoga apa yg menjadi arahan ini akan kami laksanakan di saat bertugas. dan kami juga memberikan pelayanan sehingga Masyarakat yang datang di Telkomsel dan Telkom merasa nyaman. Pesan saya kepada rekan-rekan sesama anggota satpam agar senyum-sapa salam menjadi menjadi tampilan utama,” tukasnya

Penulis         : Irda
Editor          : Irda
Publish         : Hardiyanti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x