58 TAHUN HUBUNGAN KERJA SAMA YANG BAIK ANTARA KEPOLISIAN DAN KEJAKSAAN TERUS TERJAGA

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Memulihkan kepercayaan masyarakat melalui, konsolidasi, evaluasi, introspeksi diri, optimalisasi, dan peningkatan dedikasi, itulah tema dari hari Bhakti Adhyaksa ke 58 tahun 2018 yang di hadiri oleh Kapolda Gorontalo Brigjen pol Drs Rachmad Fudail MH. Bertempat di kantor kejaksaan tinggi Gorontalo, Senin 23/07/2018.

Dengan menggunakan pakaian dinas upacara Kapolda Gorontalo menghadiri acara hari Adhyaksa ini bersama forkopimda provinsi Gorontalo. Kepala kejaksaan tinggi provinsi Gorontalo menjadi inspektur upacara pada pelaksanaan hari Bhakti Adhyaksa ke 58 ini.

Kepolisian dalam rangkaian sistem peradilan pidana Indonesia merupakan pintu utama dimulainya rangkaian panjang sistem peradilan pidana. Sebagai sebuah sistem yang saling berkaitan satu dengan yang lain maka diharuskan adanya sinkronisasi dalam hubungan antar komponen tersebut. Dimulai dari keberadaan kepolisian dimana tugas tersebut akan dilimpahkan ke kejaksaan dalam tata urutan sistem peradilan pidana Indonesia, kemudian melangkah ke tahap pemeriksaan persidangan oleh pengadilan dan pada tahap eksekusi dilakukan di lembaga pemasyarakatan. Dalam rangkaian sistem tersebut bagaimana hubungan antar komponen tersebut agar terjadi sinkronisasi antar komponen. Oleh sebab itu di hari yang ke 58 ini kerja sama antara kejaksaan dan kepolisian terus terjaga.

Di hari yang ke 58 ini kajaksaan tinggi membacakan amanat dari kejaksaan agung, dalam amanatnya kajaksaan agung menyampaikan bahwa agar kejaksaan meningkatkan sensitivitas, dan intensitas kepekaan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab penegakan hukum dengan serdadu lugas dan berintegritas, Kejagung juga meminta agar kejaksaan bisa memposisikan diri secara personal fungsional dan intansional yang kukuh menggenggam serta menjunjung tinggi harkat dan kehormatan profesi selaku insan Adhyaksa agar lantas di puji dan di hargai.

Selain itu Kejagung juga meminta agar kejaksaan bisa memupuk dan menumbuh kembangkan semangat bekerja bersama semua pihak dalam bingkai hubungan yang solid dan sinergitas demi upaya merawat keberagaman dan kebhinekaan bagi kebesaran bangsa dan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia yang harmonis.

Setelah melaksanakan upacara, Kapolda Gorontalo menyaksikan penyerahan hiba satu unit mobil yang di serahkan oleh bupati Gorontalo Nelson pomalingo kepada kejaksaan tinggi provinsi gorontalo, Kapolda Gorontalo juga menyaksikan pemotongan tumpeng di ruangan VIP pada pelaksanaan hari Adhyaksa ke 58 ini.

Kabid Humas Polda Gorontalo menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara ini di laksanakan merupakan perayaan hari Bhakti Adhyaksa ke 58 , ini juga membuktikan bahwa sudah 58 tahun kejaksaan bekerja untuk negara republik Indonesia ujar Kabid humas

Penulis         : Irham

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x