Desember 4, 2020

Polres Boalemo

TribrataNews Portal Berita Resmi Polres Boalemo

Polres Boalemo Menggelar Apel Kesiapan Siagaan Antisipasi Bencana Alam di Kabupaten Boalemo

tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polres Boalemo melaksanakan Kegiatan Apel Gelar Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam di Kabupaten Boalemo, Selasa (10/11/2020).

Yang bertindak sebagai Ipspektur Apel Kapolres Boalemo AKBP Ahmad Pardomuan S.I.K., M.H, sebagai Perwira Apel Kabag Ops AKP Anwar Saefulloh S.E, dan Komandan Apel Iptu Zulkifli Monoarfa S.H.

Kegiatan Tersebut Berlangsung di Lapangan Depan Mako Polres Boalemo Yang di hadiri oleh, Kapolres Boalemo AKBP Ahmad Pardomuan S.I. K., M.H, Dandim 1313 Pohuwato, Wakapolres Boalemo, Kadis Damkar Kab Boalemo, Kadis Perhubungan Kab Boalemo, Kadis Kesehatan Kab Boalemo, Kasat pol Pp Kab Boalemo, Danramil Tilamuta, Para Kabag, Kasat, serta perwirastaf, dan di ikuti oleh peserta apel yang terdiri dari satu regu TNI (koramil tilmuta), 3 pleton Polres Boalemo, 1 pleton Satpol Pp, 1 Regu Dishub, 1 regu Damkar, 1 regu Dinas kesehatan.

Melalui Kegiatan Apel Kapolres Boalemo membacakan Amanat Apel di antaranya :

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini kita akan menghadapi musim penghujan. Di mana intensitas curah hujan yang cukup tinggi dapat memungkinkan terjadinya bencana alam banjir maupun tanah longsor.

Sebagaimana Masukkan dari badan Meteorologi klimatologi dan an geofisika (BMKG) pusat, telah merilis prediksi di mana saat ini kita Tengah berada dalam iklim anomali La Nina yang akan berkembang hingga awal tahun 2021 dampak dari iklim Ini menimbulkan cuaca ekstrem dengan intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sehingga hal tersebut dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Sejalan dengan hal tersebut diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari kita semua selaku pengemban fungsi tanggap bencana untuk dapat mengantisipasi Setiap kejadian bencana yang timbul guna mencegah dan meminimalisir timbulnya korban an serta mempersiapkan penanganan tingkat lanjut, untuk itu guna menyatukan persepsi dan cara bertindak serta kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan diperlukan koordinasi yang baik antara satuan kerja pengemban tanggap bencana melalui apel konsolidasi seperti yang kita laksanakan sekarang ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergitas lintas instansi dalam rangka penanggulangan bencana di daerah kabupaten Boalemo pada umumnya di Provinsi Gorontalo.

Lakukan deteksi dini terhadap setiap perkembangan perubahan iklim dengan senantiasa berkoordinasi pihak BMKG setempat, petakan wilayah rawan bencana secara terperinci, lakukan sosialisasi, tanggap bencana pada masyarakat yang berada di lokasi rawan bencana dengan mengedepankan 3 pilar kepala desa Babinsa dan bhabinkamtibmas, tingkatkan kerjasama guna memperkokoh sinergitas antarinstansi pengemban tanggap bencana, jaga kesehatan diri dengan senantiasa mengikuti protokol kesehatan selama menjalankan tugas melaksanakan tugas secara tulus dan ikhlas serta jadikan tugas sebagai ladang ibadah sehingga Insyaallah dapat menjadi amalan kita dihadapan Allah SWT Tuhan Yang Maha kuasa.

Penulis Hamzah

Publish Yulia

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x