Kapolri Berikan Apresiasi Kepada Polda Gorontalo Dalam Serap Anggaran

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Melalui Video conference (Vicon) pada hari Kamis (18/10/2017 pukul 12.00 wita, Kapolri Jenderal Polisi Drs. M Tito Karnavian MA.Phd menyampaikan apresiasi kepada beberapa Polda yang dianggap baik dalam penyerapan anggaran termasuk diantaranya adalah Polda Gorontalo.

“Saya berikan apresiasi kepada para Polda yang telah mampu melakukan penyerapan anggaran secara maksimal dan baik yaitu , Polda NTB, ,Polda Lampung, Polda Kalbar, Polda Sumut, Polda Kalsel, Polda Papua Barat, Polda Jabar, Polda Gorontalo, Polda Sulteng, Polda NTT yang sudah mencapai diatas 70% sedangkan Polda yang lain agar bisa melakukan krosscheck untuk mengetahui permasalahan kenapa belum bisa menyerap anggaran secara maksimal,”kata Kapolri.

Vicon yang dilaksanakan tersebut membahas Analisa dan Evaluasi Penyerapan Anggaran  TA. 2017 sekaligus proyeksi alokasi anggaran Polri tahun 2018, hadir dalam giat vicon tersebut adalah Kapolda Gorontalo, Para PJU dan Para Kapolres se Gorontalo.

Dalam arahannya Kapolri mengatakan bahwa Polri dalam kurun waktu 4 Tahun mengalami peningkatan anggaran yang sangat signifikan

“Sejak tahun 2014 hingga sekarang selama kurun waktu 4 tahun, Polri mendapat peningkatan anggaran yang cukup signifikan, mulai dari 2 T di tahun 2014 sekarang sudah mencapai 95T, artinya lebih dari 100% peningkatannya, dan ini menjadi peluang positif untuk Polri bisa berkembang menjadi lebih baik, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan anggaran apabila tidak mampu dikelola dengan baik justru bisa menjadi boomerang,”ungkap Kapolri.

Kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat, berdasarkan hasil survey sudah mencapai 78% dan menjadikan Polri menduduki ranking 4 sebagai lembaga Negara yang mendapat kepercayaan publik terbaik.

Kapolda Gorontalo Brigjen pol Drs Rachmad Fudail MH mensikapi atas apresiasi dari Kapolri mengatakan bahwa semuanya berkat kerja tim yang hebat dari seluruh personel jajaran Polda Gorontalo.

“Prestasi yang kita raih hingga mendapatkan apresiasi dari Kapolri adalah buah dari kerja tim yang kita lakukan selama ini, artinya seluruh anggota Polda Gorontalo ikut ambil peran didalamnya, namun yang terpenting bahwa anggaran yang telah diberikan oleh Negara ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, masyarakat harus bisa menerima dampaknya dari apa yang kita lakukan yaitu stabilitas kamtibmas tetap aman dan kondusif. Masyarakat jauh dari perasaan was-was karena Polri selalu hadir dengan patrolinya, dan berbagai kejahatan yang menimbulkan gangguan kamtibmas termasuk narkoba bisa diberantas. Fungsi pengawasan harus kuat guna menghindari terjadinya penyimpangan dalam penggunaan anggaran, selain itu para Kasatker harus selalu anev atas kinerja yang telah dilaksanakan, jika memang perlu di revisi maka lakukan revisi untuk penyerapan yang lebih optimal”kata Kapolda.

Kabid humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK mengantakan bahwa Polri selama 4 (empat) tahun berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI terkait pengelolaan anggaran, berbagai keberhasilan yang telah diraih Polri, seperti Satgas Pangan, Pemberantasan Teroris, dan berbagai Terobosan kreatif dalam pelayanan publik menjadi pertimbangan dalam peningkatan anggaran Polri.

“4(empat) tahun berturut-turut kita Polri mendapatkan Opini WTP dalam kelola anggaran, selain itu berdasarkan hasil penilaian MenpanRB, Polri dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri mendapat nila BB begitu juga dalam hal akuntabilitas kinerja juga mendapat predikat BB, dengan keberhasilan itu maka Polri dianggap mampu mengelola keuangan dengan baik,”kata Wahyu

“Terkait keberhasilan Polda Gorontalo hingga mendapat apresiasi dari Kapolri, tentu ini menjadi semangat bagi kita untuk lebih meningkatkan kinerja khususnya dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, dan keberhasilan tersebut adalah hasil kerja tim sebagaimana slogan dari bapak Kapolda bahwa Kebersamaan akan membawa kejayaan,”tutup Wahyu.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x