Kapolda Irjen Pol Angesta Romano Yoyol Hadiri Adat Mopotilolo Penyambutan Pejabat Gubernur Gorontalo

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id, Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol M.M turut hadir penyambutan adat Mopotilolo terhadap pejabat Gubernur Ismail Pakaya di Bandara lama Djalaludin Gorontalo Sabtu 13/05/2023.

Sebelumnya Ismail yang di percayakam sebagai Staf Ahli Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik Kementerian Ketenagakerjaan tiba di Provinsi Gorontalo di sambut Forkopimda tingkat satu Provinsi Gorontalo.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Akbp Desmond Harjendro mengatakan penjemputan secara adat itu (Mopotilolo) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Gorontalo ketika akan menerima kunjungan tamu kehormatan atau pemimpin Daerah.

” Meski bukan pertama kali ke Gorontalo, Pejabat Gubernur yang baru Ismail Pakaya harus mengikuti prosesi Mopotilolo sebelum melaksanakan tugasnya di Gorontalo di karenakan adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Penulis : Karim

Publish : Karim

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x