Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

POLDA GORONTALO GELAR SIMULASI PENANGANAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGAR PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Polri merupakan lembaga yang sangat berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19, untuk itu Polri terus berupaya bagaimana pandemi covid 19 ini segera berakhir. Polda Gorontalo tidak henti hentinya melakukan kegiatan penanganan covid 19. Hari ini Polda Gorontalo menggelar simulasi penegakan hukum terhadap pelanggar Undang Undang RI No 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan, undang undang Ri Nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular dan pasal 212 s/d 218 KUHPidana yang di laksanakan di lapangan Apel Polda Gorontalo. Jumat (02/10/2020)

Pada kegiatan ini Polda Goronatalo melibatkan TNI, satuan Polisi Pamong Praja yang juga marupakan bagian dari petugas pencegahan penularan Covid 19 dan juga pihak pengadilan tinggi yang nantinya akan melakukan sidang di tempat terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Terlihat personil TNI dan sat Pol PP juga berperan Aktif dalam simulasi ini. Pada simulasi ini ada dua skenario yang di simulasikan, di antaranya simulasi penanganan penegakan hukum terhadap pengguna jalan raya dan simulasi penanganan penagakan hukum terhadap pelaku yang melaksanakan kegiatan dengan menghadirkan banyak orang tanpa menerapkan Protokol kesehatan.

Pelaksanaan simulasi ini merupakan peningkatan kemampuan terhadap personil dalam hal menangani pelanggaran protokol kesehatan yang di lakukan oleh masyarakat yang mengabaikan Protokol kesehatan. Hal ini di sampaikan oleh direktur reserse kriminal umum Kombes Pol Deni Oktavianto Sik MH saat di wawancarai awak media setelah pelaksanaan simulasi.

Dir Reskrim juga menyampaikan bahwa peningkatan kemampuan ini juga di salurkan kepada personil tingkat Polres ini di kandung maksud untuk menyamakan persepsi saat penerapan penegakan hukum nanti.

Semantara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono Sik menyampaikan bahwa simulasi ini merupakan tindak lanjut peraturan daerah tentang penanganan penegakan hukum. simulasi ini memberikan gambaran baik kepada masyarakat agar tidak melangabaikan protokol kesehatan maupun kepada para penegak hukum bagaimana nanti di hadapkan pada saat bertugas di lapangan nanti.

Penulis : Irham

Editor : Heri

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x