MELALUI GIAT PROBLEM SOLVING BHABINKAMTIBMAS BRIPKA IRWAN JAMALU DAMAIKAN 2 MASYARAKAT YANG SALAH PAHAM

tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polres Boalemo – Tugas Bhabinkamtibmas di antaranya yaitu melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku, memberikan bantuan dalam rangka penyelesaian perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Seperti yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas yang satu ini yaitu Bripka Irwan Djamalu, yang bertugas di Polsek Botumoito Polres Boalemo, sesuai dengan surat perintah Kapolres Boalemo AKBP Ahmad Pardomuan, S.I.K., M.H. menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Tutulo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo, mendamaikan 2 masyarakat di Desa binaannya yang berselisih paham, Selasa (10/12/19) pukul 10.30 wita.

Ada pun kronologis kejadian perselisihan paham antara 2 warga masyarakat Desa Tutulo yaitu antara Pr. E. Botutihe umur 45 tahun sebagai pelapor sedang berjalan kaki menuju rumahnya dan di tengah perjalanan pelapor melihat terlapor atas nama Pr W. Abdullah umur 35 tahun, bersama kawannya 2 orang sedang tertawa dengan suara yang keras sehingga pelapor merasa tersinggung dan langsung mengadu kepada Kepala Desa Tutulo.

Melalui Pemberitahuan dari kepala desa tutulo bahwa ada 2 warganya yang tersangkut salah paham dan membuat keduanya berselisih paham (tidak baku sanang), sehingganya Bhabinkamtibmas bersama dengan Kepala Desa memanggil kedua belah pihak dan tengahi masalah tersebut dan akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan.

Oleh Bhabinkamtibmas di buatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan yang dapat menyinggung orang lain dan tidak keberatan lagi dengan masalah tersebut, disamping itu Bhabinkamtibmas memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas serta pembinaan kepada kedua belah pihak agar kedepan bisa hidup rukun terus serta dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Boalemo AKBP Ahmad Pardomuan, S.I.K., M.H. mengatakan Bhabinkamtibmas itu merupakan ujung tombak dari Kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan merupakan Bintara Pembina Desa yang bertanggung jawab menjadikan masyarakat taat akan aturan dan taat hukum serta meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya di Desa binaannya “ungkapnya”

Penulis. : Hamzah
Editor. : Mabrur
Publish. : Yuliya Dhe

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x