BHABINKAMTIBMAS BERUPAYA KERAS CEGAH PUNGLI DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo. Tindak Kriminalitas Pungli bisa saja terjadi kapan saja di lingkungan warga masyarakat. Tuntutan biaya dan kebutuhan hidup sehari-hari dapat menjadikan seseorang melakukan apa pun itu, tidak terkecuali pungli. Oleh karena itu perlunya pengawasan 24 jam oleh Bhabinkamtibmas terhadap situasi dan kondisi yang terjadi dalam kehidupan warga binaannya.

Namun pengawasan ini tidak akan maksimal bila tanpa ada bantuan informasi-informasi penting tentang gangguan kamtibmas dari warga masyarakat itu sendiri. Di sini perlunya pengawasan di lakukan oleh para aparat Desa dengan melakukan pendekatan secara kekeluargaan. Karena suatu hubungan yang di dasari dengan niat dan dasar kekeluaragan akan lebih mudah masyarakat di ajak untuk kompromi dalam mencegah terjadinya pungli.

Aparat Desa Bone Kabupaten Bone Bolango Senin, 29 Juli 2019 di temui Bhabinkamtibmas Bripka Mohammad Indra W. KPolsek Suwawa Polres Bone Bolango jajaran Polda Gorontalo.
Bripka Mohammad Indra adakah Salah satu Bhabinkamtibmas yang di miliki oleh Polsek Suwawa dalam menaungi warga binaannya di Desa Bondawuna, namun karena penting juga bagi masyarakat di Desa Bonedaa akan bahayanya pungli, maka perlu juga bagi mereka mengetahui akan hal itu melalui perangkat Desa tersebut.

Dalam hal ini Mohammad Indra mengajak aparat Desa Bone Raya agar lebih optimal menyampaikan akan bahaya pungli terjadi di lingkungan masyarakat Bonedaa.

“saber pungli hanya bertugas sebagai aparat penegak hukum yang akan melakukan penindakan terhadap para pelaku pungli. Untuk itu janganlah di dalam lingkungan warga masyarakat kita sampai di ambil tindakan dalam hal ini. Oleh karena itu, para aparat Desa bonedaa harus lebih efektif dan se efisien mungkin di dalam menyampaikan himbauan terhadap seluruh warganya, agar tidak melakukan tindakan ilegal yang demikian tersebut. Kita harus lebih mengutamakan rasa memiliki dan rasa kekeluargaan di dalam menyampaikan agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun, apa lagi pungli. Dengan begitu, saya merasa warga akan lebih mudah menerima dan akan melaksanakan segala bentuk himbauan dalan mencegah terjadinya pelanggaran hukum,”tutur Mohammad Indra.

Penulis         : Iswan
Editor          : Irda
Publish         : Hardiyanti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x