Berikan Arahan, Dit Binmas Polda Gorontalo Ajak Anggota Satpam Agar Mengedepankan Disiplin

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Untuk meningkatkan kinerja Satuan Pengamanan Dit Binmas Polda Gorontalo khususnya Subdit Satpam/Polsus yang di Pimpin oleh Kasi Wajaspam Kompol Sutopo Djojosumarto dan di dampingi oleh anggota dit binmas Akp Ajis Abdullah, Iptu Gustin Kasim, Iptu Simin Djakaria, dan Bripda Yanton G.Umar, memberikan pengarahan dan Pembinaan kepada anggota satpam di Kampus Universitas Negeri Gorontalo. (25/01/2019)

“Terdapat dua hal yang menjadi fokus pembinaan. Yakni bagaimana bersikap dan berperilaku sebagai satpam serta bagaimana mengedepankan disiplin anggota satuan pengamanan.

Kasi Wajaspam Subdit Satpam/Polsus menyampaikan setiap anggota harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya di Kampus Universitas Negeri Gorontali.  Antara lain menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja khususnya pengamanan fisik serta melindungi dan mengamankan lingkungan kerjanya dari setiap gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum.

Di samping turut membantu pihak kepolisian di bidang penegakan hukum, dalam melaksanakan tugasnya satpam memiliki peranan langsung di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Hal itu dapat dilakukan apabila para anggota menjaga dan menjunjung tinggi kode etik yang diterapkan. Yaitu, kesetiaan, memberikan teladan yang baik, keselamatan dan keamanan, kejujuran, disiplin, keadilan tanpa prasangka.

“Iptu Gustin Kasim” juga menegaskan bahwa satpam juga harus bisa melakukan pengawasan dan pengaturan. Antara lain pengawasan ke luar masuk dosen, karyawan dan mahasiswa, pada saat jam kerja berlangsung, pengawasan terhadap disiplin kerja dan perilaku warga Unila pada saat melakukan patroli di area kampus selama jam kerja berlangsung, pengaturan dan penerimaan tamu Unila, parkir kendaraan, ke luar masuk kendaraan warga Unila dan tamu.

Tolak ukur kinerja satuan pengamanan dilandaskan oleh attitude (perilaku), knowledge(pengetahuan), dan skill (keterampilan). Dengan “turjawali” atau disingkat pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli diharapkan kinerja satuan pengamanan menjadi perilaku yang berulang, berubah menjadi kebiasaan. Kemudian kebiasaan yang ditetapkan sebagai nilai menjadi pola, dan pola yang melekat akhirnya menjadi budaya kerja,”

Penulis         : PID Dit Binmas

Editor           : Irda 

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x