RAHMAD BINA PELAKU KRIMINALITAS DI BAWAH UMUR

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pelaku tindak pidana pencurian yang di lakukan oleh  pelaku yang masih di bawah umur kian memprihatinkan, pasalnya di tahun 2018 sudah beberapa kali terjadi tindak kriminal pencurian yang pelakunya masih di bawah umur, bahkan jumlah kasusnya hampir-hampir melebihi kasus orang dewasa. 

Di awal tahun 2019 kasus ini terjadi lagi. Seperti yang di uraikan oleh Babhinkamtibmas Polsek Dungingi Polres Gorontalo Kota jajaran Polda Gorontalo, Bripka Rahmad Bowta. Di jelaskan bahwa” peristiwa pencurian ini di lakukan oleh 2 (DUA) orang warga binaannya di Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, para pelaku yang masih di bawah umur telah melakukan pencurian berupa minyak rambut pumade di salah satu toko Nessa Mart yang berlokasi di Jalan Duku Keluraham Libuo.   

Melihat para pelaku masih di bawah umur dan masih duduk di bangku SMP, oleh pemilik Toko Anessa Mart meminta kepada Bripka Rahmad Bowta agar di lakukan pembinaan, dan kasus ini kiranya dapat di selesaikan secara kekeluargaan. Segera para keluarga dan orang tua para pelaku pencurian itu di undang bersama-sama pelaku ke Mapolsek Dungingi oleh Rahmad. 

Dengan di saksikan orang tua pelaku, terhadap para pelaku Rahmad telah membuatkan surat pernyataan yang mana perbuatan ini tidak akan di ulangi lagi oleh para pelaku. Kepada orang tua para pelaku Rahmad meminta dan berharap bahwa”peranan orang tua kiranya harus lebih aktif  dalam membina dan mengawasi anaknya, pasalnya anak yang masih berumur 12 sampai 19 tahun masih mencari jati diri dan ingin mengetahui segala sesuatunya. 

Anak yang masih berumur 12 sampai 19 tahun yang sangat rentan dengan berbagai macam godaan pergaulan serta rasa ingin tahunya lebih tinggi dari pada resiko yang akan di alaminya,”kata Rahmad. Jika orang tua lengah dalam mengawasi anak maka, anak tersebut akan lebih dominan belajar di luar dan lebih mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak di inginkan. 

Memang orang tua bukan satu-satunya orang yang mengawasi anak, karena anak memiliki banyak waktu bermain di rumah maupun di luar rumah. Oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua agar lebih memberikan waktu lebih terhadap anak-anak kita di dalam memberikan kasih sayang yang tepat, supaya anak kita bisa menjadi pribadi yang berakhlak baik, “jelas Rahmad.

Penulis         : Iswan

Editor           : Irda Tosubu

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x