Kapolda Gorontalo Ingatkan Personel Agar Netral dalam Pilkada

tribratanews.gorontalo.polri.go.id.co.id. Polda Gorontalo. Memimpin pelaksanaan apel pagi, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail,MH mengingatkan seluruh personilnya untuk memantapkan seluruh persiapan jelang pilkada agar berlangsung aman dan demokratis sesuai dengan harapan bersama, Senin (22/6/18)

Sebagai anggota Polri kita harus netral dalam Pilkada, meskipun kita punya saudara sipil yang sedang ikut dalam kontestasi demokrasi Pilkada, kita tidak boleh berpihak atau pun membantunya, saudara tetap saudara, tetapi dalam posisi tertentu kita sebagai anggota Polri harus tetap netral, jangan dukung sana dukung sini, tugas kita hanyalah mengawal jalannya proses demokrasi agar aman dan kondusif ,” Tegas Kapolda saat Apel Pagi

Terkait netralitas Polri dalam Pilkada sudah diatur dalam pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan bahwa, “Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” ujarnya.

Selain itu terkait netralitas Polri juga diatur dalam Perkap Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri pada pasal 12 pada huruf c, d dan e bahwa, “Setiap anggota Polri dilarang menjadi anggota atau pengurus partai politik; Dilarang menggunakan hak memilih dan dipilih; dan/atau melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Kapolda menekankan masalah pemilukada yang pada prinsipnya situasi untuk wilayah Gorontalo dalam keadaan aman dan kondusif, namun masih harus waspada jangan sampai ada gesekan antara pendukung pilwako dan Pilbup.

Bersamaan dengan itu kapolda juga menyampaikan akan memperingati hari HUT Bhayangkara ke 72, dan puncaknya akan di lakukan syukuran Bersama di SPN Batudaa Gorontalo tgl 5 Juli 2018 nanti.

Diakhir arahannya, Kapolda Gorontalo mengingatkan kepada personil Polda Gorontalo dan Polres Jajaran untuk untuk dapat membangun soliditas dengan instansi lain, agar silaturahmi kita dapat terus terjalin dengan baik.

Penulis : Hardiyanti
Editor : Mulyono
Publish : Hardiyanti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x