Penyampaian PHP (Pernyataan Hasil Pemeriksaan) Wasrik Tahap II Itwasda Polda Gorontalo TA. 2019

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Bertempat di Aula Titinepo Polda Gorontalo, berlangsung Taklimat Akhir pengawasan dan pemeriksaan Itwasda Polda Gorontalo Tahap II Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polda Gorontalo dan Jajaran.  Rabu (04/12/2019)

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Drs. Wahyu Widada, M. Phil, didampingi Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs. Jaya Subriyanto Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Drs. M. Syamsul Huda dan diikuti oleh para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Para Kapolres jajaran, Para Kasubbag Renmin/Kaurmin, Kabag Sumda, Kaurkeu/Kasikeu dan Kasiwas Polres Jajaran Polda Gorontalo.

Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol Drs. M. Syamsul Huda dalam penyampaian hasil pemeriksaan (PHP) Itwasda Polda Gorontalo Tahap II Tahun 2019 pada Satker Mapolda dan Polres Jajaran mengatakan hasil pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan oleh Tim Wasrik Itwasda Polda GorontaloTahap II Tahun 2019 Aspek pelaksanaan dan Pengendalian Tahun 2019 diperoleh temuan yang perlu ditindak lanjuti baik dari bidang Manajemen Operasional, Manajemen SDM, Manajemen Logistik dan Manajemen Anggaran dan keuangan.

Lebih lanjut Irwasda mengatakan bahwa Temuan hasil Wasrik Itwasda Polda Gorontalo Tahap II Tahun 2019 pada Satker Mapolda dan Polres Jajaran yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober s.d. 22 November 2019, secara keseluruhaan berjumlah 255 temuan terdiri dari bidang jemen Opsnal 63 temuan, bidang jemen SDM 55 temuan, bidang jemen Logistik 73 temuan dan bidang jemen Garkeu 64 temuan.

Pada kegiatan ini, Irwasda juga mengucapkan terimakasih dan memberi penghargaan kepada para kasatker juga kasatwil jajaran Polda Gorontalo atas keterbukaan dan kerjasama yang telah diberikan selama tim wasrik berada dilingkungan satker dan satwil sehingga wasrik berjalan tertib sesuai dengan rencana” ungkapnya

Pada kegiatan Taklimat Akhir Wasrik Tahap II Itwasda T.A 2019, dibuka oleh Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Drs. Wahyu Widada, M. Phil, dalam sambutanya Kapolda mengucapkan terimakasih kepada Irwasda dan Tim Wasrik yang telah melaksanakan pemeriksaan pada Satker Polda dan Polres Jajaran.

Kapolda juga mengatakan meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara subyek wasrik dan Obyek wasrik, jajaran Itwasda telah mampu berbuat sebaik mungkin dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai aparat pengawasan intern pemerintah di Lingkungan Polri khususnya di Polda Gorontalo.

Dari hasil pengawasan dan pemeriksaan pada satker dan satwil dijajaran Polda Gorontalo  ditemukan hal-hal yang masih perlu perbaikan “Kelemahan dapat dibenahi oleh masing – masing satker dan Polres jajaran,  apa yang telah menjadi temuan agar tidak diulangi lagi” ucap Kapolda

Kapolda Gorontalo juga dalam kesempatan ini mengharapkan kepada para Kasatker untuk melakukan komunikasi dan konsultasi dengan Irwasda apabila dalam menindaklanjuti temuan, ada permasalahan yang kurang dipahami, serta diharapkan kedepan dapat menjadi lebih baik lagi.

Polri telah memeroleh hasil penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia), yang merupakan hasil kerjasama dari seluruh jajaran selama 6 tahun berturut-turut. Dan jangan sampai karena pelaporan Polda Gorontalo yang kurang baik, kedepan dapat menjadi pengaruh hilang predikat WTP tersebut.

Diakhir sambutan, Kapolda menambahkan wasrik merupakan sarana evaluasi dan pembenahan serta pengawasan yang terpenting dalam suatu menajemen untuk pembenahan anggaran 2020.

Penulis   : PID Itwasda

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x