Kapolda Gorontalo Sambut Kedatangan Pangdam XIII Merdeka di Gorontalo

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, MH turut hadir bersama Forkopimda dalam penyambutan terhadap Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A, Bersama Ny. Fenty Emira Wijaya di Bandara lama Djalaludin Gorontalo, Selasa (19/03).

Sementara itu kedatangan Pangdam Merdeka di Provinsi Gorontalo tidak lain dalam rangka Kunjungan Kerja terhadap jajaran TNI di Provinsi Gorontalo serta instansi terkait. Kedatanganya pula di sambut dengan adat Mopotilolo yang turut disaksikan oleh Forkopimda tingkat satu Provinsi Gorontalo.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Desmond Harjendro A.P, SIK, MT mengatakan penjemputan secara adat (Mopotilolo) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Gorontalo ketika akan menerima kunjungan tamu kehormatan atau pemimpin Daerah.

”Penyambutan di awali dengan prosesi Mopotilolo sebelum melaksanakan kegiatan di Gorontalo di karenakan adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

”Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat. Mopotilolo dan di akhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Pangdam XIII/Merdeka bersama rombongan selama berada di Gorontalo,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Pangdam XIII/Merdeka akan menghadiri sejumlah kegiatan selama kunjungan kerjanya di Gorontalo. Dan juga diagendakan akan menghadiri silaturahmi dan ramah tamah dengan jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x