KAPOLDA GORONTALO BUKA LAT PRA OPS KETUPAT OTANAHA 2023

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol, MM., buka langsung pra Ops Ketupat Otanaha 2023 yang berlangsung di Aula Titinepo Polda Gorontalo didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi., MH., Irwasda Kombes Pol. Herry Purnomo, dan diikuti seluruh PJU dan peserta Ops Ketupat Otanaha.

Dalam arahannya Kapolda Gorontalo menyampaikan bahwa Lat Pra Ops ini merupakan salah satu kegiatan tahapan dari proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka menyamakan pola pikir dan cara bertindak serta untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini.

“Sehingga diharapkan dalam penugasan di lapangan nanti para personel benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,” ucapnya

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di Provinsi Gorontalo mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama islam. Dimana masyarakat gorontalo melakukan berbagai aktifitas kegiatan ibadah yang melebihi dari kegiatan ibadah yang dilakukan pada hari hari sebelum maupun setelah bulan ramadhan. selain itu, khusus di provinsi gorontalo, pada hari ke 15 (lima belas) bulan Ramadhan akan dibuka pasar tradisional yang biasa disebut pasar senggol dan lokasinya tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota. pasar senggol ini tentunya akan dikunjungi oleh masyarakat yang hendak berbelanja untuk memenuhi kebutuhan jelang hari raya dan pada tiga malam sebelum hari raya akan dilaksanakan kegiatan malam tradisi tumbilotohe atau malam pasang lampu. Dimana umat muslim di Provinsi Gorontalo akan memasang lampu botol baik di rumah maupun ditempat tempat tertentu. dan pada malam tersebut masyarakat gorontalo akan menyaksikan semaraknya malam tradisi tumbilotohe tersebut.

Tentunya dengan berbagai kegiatan tersebut dapat berimplikasi pada timbulnya berbagai aspek permasalahan sosial dan keamanan. dan tentunya hal ini memerlukan perhatian yang serius dari aparatur pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat baik dalam mengantisipasi maupun dalam penanganannya.

“Untuk itu dalam rangka memberikan jaminan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pada rangkaian perayaan hari raya idul fitri 1444 H tahun 2023, Polda Gorontalo akan menggelar operasi kepolisian dengan sandi “Operasi Ketupat Otanaha tahun 2023 Dengan Mengedepankan Upaya Pre-emtif dan Pre-ventif guna menjamin Terwujudnya Stabilitas Kamtibmas Yang Kondusif di Wilayah Provinsi Gorontalo,” ungkapnya.

Dirinya berharap kepada peserta untuk tidak berbangga diri dengan adanya gangguan Kamtibmas, kecelakaan, dan pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan operasi ketupat tahun 2022 masih relatif sedikit, namun sebagai pemicu untuk menjadi lebih baik lagi.

“Sebaliknya, justru saya berharap hal tersebut dapat dijadikan sebagai penggugah dan pemicu semangat kepada kita untuk dapat berbuat lebih baik dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakkan hukum yang profesional, dalam rangka mewujudkan polri yang presisi dan dicintai masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Arman

Publish : Karim

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x