18 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Antisipasi Terjadinya KARHUTLA Personel Polres Pohuwato Menyambangi Masyarakat

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id Operasi Bina Karuna Otanaha kembali dilakukan oleh jajaran Polda Gorontalo khususnya Polres Pohuwato, yang beragendakan upaya pencegahan terjadi Peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA). Kamis (30/06).

Personel gabungan yang termasuk dalam Operasi Bina Karuna Otanaha 2022 meningkatkan upaya Preemtif dan Preventif dalam pola sosialisasi sekaligus edukasi dengan cara menyambangi warga, yang bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi KARHUTLA kawasan Ds. Pohuwato Timur.

“Hindari melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya KARHUTLA, salah satunya yakni membersihkan lahan dengan cara dibakar, sebagaimana peraturan undang-undang terkait larangan KARHUTLA,” imbau Ipda Vani Jani Pioh selaku KBO Binmas Polres Pohuwato.

Dirinya juga menjelaskan, bagi para pelaku yang melakukan KARHUTLA dapat dikenakan sanksi pidana dan proses hukum sebagaimana yang diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

“Diantaranya yakni Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan, Nomor 32 Tahun 2009 tentang lingkungan hidup dan Nomor 39 Tahun 2014 tentang perkebunan,” jelasnya kepada masyarakat.

Selain bersosialisasi terkait larangan KARHUTLA, tujuan kami menyambangi warga juga untuk menjalin kemitraan dan silaturrahmi dengan masyarakat, ucap Vani Jani Pioh

Peran semua masyarakat itu sangat penting, dalam membantu terhadap kebakaran hutan dan lahan, “Mari kita upayakan bersama pencegahan kebakaran hutan dan lahan, karena dampak karhutla sangat merugikan kita bersama,” tutup KBO Binmas.

Penulis : Nia

Editor : Jenry

Publish : Karim

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x