Apel Gabungan : WAKAPOLDA GORONTALO BERI WEJANGAN TENTANG ETIKA DALAM INSTITUSI

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Pudji P. Hadi, MH Kembali memberikan wejangan kepada seluruh personil Polda Gorontalo tanpa terkecuali saat apel gabungan Senin (07/03) di halaman Mako Polda Gorontalo.

Menurut orang nomor dua dijajaran Kepolisian Daerah Gorontalo itu, setiap aparat adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk melaksanakan tugas-tugas pokok kepolisian, seorang anggota Polri tidak hanya dituntut memiliki kemampuan, kemahiran dan keterampilan yang tangguh, namun harus mempunyai etika dan moral yang tinggi dalam bermasyarakat ataupun dalam institusi.

Berhasilnya organisasi, dalam hal ini adalah Polri, selain kekompakan atau pun koordinasi yang baik sebagaimana di atur oleh undang undang antara seorang bawahan dan pimpinan, etika dan moral dengan cara saling menghargai dan menghormati satu sama lain juga sangatlah mempengaruhi keberhasilan Polri menjalankan visi dan misi, utamanya dalam menjaga Kamtibmas.

“Seorang Jenderal tidak akan berguna, tanpa ada para Pejabat Utama atau Perwira Menengah, Pejabat Utama juga tidak akan mampu berbuat apa apa tanpa keberadaan Personil. Begitu Pula Personil Polda Gorontalo tidak ada manfaatnya tanpa masyarakat”.

Tuntutan terhadap profesionalisme Polri, tambah Wakapolda, dewasa ini didorong oleh perkembangan lingkungan strategis, sosial kemasyarakatan serta tuntutan reformasi publik. Hal ini sudah menjadi kebutuhan, mengingat tantangan tugas yang dihadapi dalam mencapai tingkat efektivitas dan produktivitas, sangatlah tinggi.

Sehingganya, Kemahiran dan keterampilan setiap anggota Polri dalam melaksanakan tugas, fungsi dan perannya didukung pengetahuan, wawasan, moral etika serta etos kerja yang tinggi, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun taktik dan teknik kepolisian secara benar dan tepat berdasarkan hukum dan perundang-undangan maupun norma kehidupan sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas.

“ Kita hebat itu apabila kita bermanfaat bagi orang lain, itulah sebetulnya makna hidup kita”, tutup Wakapolda mengakhiri petuahnya.

Penulis : D01751

Editor : Jenry

Publish : Randi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x