Jangan Coba-Coba Jadi Pengedar Narkoba Jika Tidak Ingin Berurusan dengan Unit Satwa Dit Sabhara Polda Gorontalo

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Sejak tahun 2012 Dit Sabhara Polda Gorontalo telah memiliki Unit Satwa anjing sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas satuan sabhara. Saat ini jumlah anjing yang dimiliki ada 3 ( tiga ) ekor yaitu 2 ekor jenis ras Belgian Melanois dan 1 ekor jenis German Xpert.

Menurut keterangan dari Direktur Sabhara Kombes Pol Ulami Sudjaja , SH ,” Keberadaan satwa anjing ini sangat membantu tugas- tugas kepolisian dan selama ini mereka sudah dilibatkan dalam berbagai kegiatan antara lain pengamanan unjuk rasa, Operasi Bersinar (narkoba), pengamanan markas, kegiatan razia /pemeriksaan di jalan, pelabuhan dan lain-lain serta kegiatan kepolisian lainnya, terang Ulami.

Di Unit Satwa sendiri dipimpin oleh Ps Kasubnit Satwa yaitu Brigpol Nengah Bawa. Saat ditemui sedang melatih satwa anjing, Brigpol Nengah mengatakan bahwa unit satwa anjing yang dipimpinnya saat ini rutin melaksanakan latihan yaitu 2x dalam seminggu.”

Kami rutin melaksanakan pelatihan satwa anjing ini seminggu 2x hal ini dalam rangka memelihara kemampuan dan peningkatan ketaatan dan kepatuhan satwa anjing terhadap pawangnya, “ kata Nengah.

Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK menambahkan bahwa sejak Polri  mandiri berbagai perubahan telah dilakukan baik struktural, instrumental dan juga kultural. Keberadaan satwa anjing ini juga merupakan bagian dari perubahan tersebut dalam rangka mendukung tugas- tugas Polri sebagai pemelihara Kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan , pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan adanya satwa anjing di Polda Gorontalo sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Sabhara sangat mendukung dalam pelaksanaan tugas kepolisian dan Polda Gotontalo memiliki 3 ekor satwa anjing dengan kemampuan lacak umum 1 ekor dan 2 ekor lainnya memiliki kemampuan lacak khusus yaitu lacak narkoba.Jadi bagi masyarakat Gorontalo jangan coba-coba jadi pengedar Narkoba kalau tidak mau berurusan dengan Unit Satwa Anjing yang dimiliki oleh Dit Sabhara Polda Gorontalo, “ Ujar Wahyu.

Penulis   :  Wahyu Tri Cahyono

Editor     :  Umi Fadilah

Publish   :  Hardiyanti

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x