Mengahadapi Era digital Zaman Now, Bripka Isman Djabi : Semua Berawal dari Rumah

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Bripka Isman Djabi Personil Kesatuan Brimob Batalyon B Pelopor Satbrimobda Gorontalo yang juga beperan sebagai Ayah dalam kehidupan ruamah tangga, dalam hal ini Bripka Isman Djabi memiliki beberapa trik bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak di era “Zaman Now” ini.

Sebagai anggota brimob yang sibuk dengan tugas Negara, Bripka isman Djabi tidak habis akal, diantaranya Bripka isman djabi mengarahkan anak-anaknya untuk mengisi kegiatan diluar sekolah dengan kegiatan- kegiatan positif seperti latihan beladiri Tae kwondo, memperdalam agama islam dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Apa saja yang Bripka Isman J lakukan dalam mendidik anak?
1. Komunikasi dua arah
Dibutuhkan komunikasi dua arah dalam mendidik anak-anak zaman now. Artinya, orangtua tidak hanya sekedar melarang atau memberi instruksi kepada anak saja, tetapi juga bersikap sebagai pendengar yang baik dan memberikan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi anak.

Dimata masyarakat kehidupan keluarga polisi khususnya brimob diidentikan dengan kehidupan yang keras dan disiplin tinggi. tak heran jika “anak kolong” berprilaku tegas dan tidak cengeng karena sudah dibiasakan sejak kecil dan orang tua dalam hal ini tampil sebagai Contoh yang baik.

Menutup diri dengan perkembangan teknologi adalah sesuatu yang dirasa kurang tepat, Bripka isman djabi tidak melarang anak-anaknya menggunakan teknologi namun ada syarat –syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti halnya Anak sulungnya yang bersekolah di SMP Islam Terpadu Lukmanul Hakim harus mengumpulkan hafalan ayat suci al quran terlebih dahulu sebelum menggunakan Hp/Smartphone.

2. Kembangkan bakat anak
Kegiatan diluar dan didalam sekolah harus seimbang, salah satu langkah yang Bripka Isman Djabi lakukan adalah mendukung anak dalam pengembangan bakat. sebagai anggota brimob yang dibekali dengan kemampuan beladiri Bripka ISman Djabi berhasil memotivasi anak-anaknya untuk menekuni salah satu cabang olahraga beladiri yaitu Tae Kwondo.

“Iya anak saya yang kedua ikut latihan beladiri, Taekwondo, dia antusias sekali, bahkan setiap waktunya latihan dia sudah siap duluan menunggu saya diteras rumah untuk mengantarnya ke dojo(tempat latihan),” Ujar Bripka Isman Djabi.

3. Beri contoh yang baik
Sesuai Tupoksi kepolisian Pelindung – Pengayom – Pelayan masyaratkat sudah menjadi kewajiban untuk tampil ditengah masyarakat sebagai contoh yang baik. Anak adalah peniru ulung, Maka berilah contoh yang baik untuk anak-anak. Perilaku anak kita adalah cerminan pribadi kita.

“Anak itu ibarat cerminan pribadi orang tuanya, saya selalu berusaha tampil perfect didepan anak saya, walau kadang tidak bertemu dengan anak berbulan-bulan saat menjalankan tugas, kan masih bisa berhubungan lewat panggilan video, kadang kita juga harus bisa tampil sebagai teman, kakak untuk dapat menjadi contoh yang baik bagi anak kita,“ tutur Bripka Isman.

4. Pendidikan agama sejak dini
Pada akhirnya, tidak ada yang lebih penting daripada mengajarkan pendidikan agama sejak dini. Nilai-nilai agama yang diperoleh anak sejak kecil menjadi bekal baginya untuk membentengi diri dari perilaku atau pengaruh buruk lingkungan di sekitarnya.

Penulis   : Pid Brimob

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x