Tangkap Ikan Dengan Bom Rakitan, Polisi Dit Polair Polda Gorontalo Ringkus Oknum Nelayan

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, oknum nelayan berinisial DI (32) warga Dusun Wapalo, Desa Malambe, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), diringkus jajaran Polairud Polda Gorontalo karena diduga hendak melakukan aksi bom ikan, Senin (11/11/2019).

Dan benar saja, 2 botol air mineral berisi bom ikan berhasil disita pihak kepolisian sebelum oknum nelayan tersebut melakukan aksinya.

AKBP Heri Sulistya Budi Santosa SIK menjelaskan, Sebelumnya jajaran Polrairud Polda Gorontalo, Brigpol Dwi Wahono mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa yang mana akan ada aksi pencairan ikan dengan menggunakan bahan peledak di wilayah perairan Ponelo Kepulauan pada Ahad (10/11/2019). Terinformasi saat itu, oknum nelayan tersebut akan berangkat melaut setelah adzan Subuh.

Tepat, Senin (11/11/2019) dini hari, pukul 02.30 Wita, jajaran Polairud pun berangkat menuju Desa Malambe menggunakan perahu untuk memastikan informasi tersebut.

Sekitar pukul 04.38 Wita, oknum nelayan itupun keluar dari rumah dengan membawa tas ransel hitam di punggungnya. Ketika ditemui anggota Polairud, pelaku langsung berusaha melarikan diri dan membuang tas ransel hitam itu ke sekitar pantai.

Alhasil pelaku dapat langsung dicegat. Setelah tas ransel diambil dan diperiksa, polisi menemukan barang bukti 2 botol mineral berukuran 295 Mililiter yang sudah dirakit menjadi bom ikan. Selain itu juga disita masker selam, 2 tas sisa pupuk, tas berisi bekas korek api, tas berisi 2 sumbu, 1 kepal batu kerikil, perahu tradisional, mesin ketinting dan dayung.

Setelah digrebek, polisi langsung membawanya ke Pos Polairud Kwandang, untuk dilakukan interogasi lebih lanjut.

Akibat perbuatan tersangka DI, dijerat dengan Pasal 84 Ayat (1) UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan atau Pasal 85 UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Penulis    : Fandi

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x