Resmi Diluncurkan, Kapolda Bersama Pejabat Utama Polda Gorontalo Manfaatkan Smart SIM

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Smart Surat Ijin Mengemudi atau yang disebut dengan Smart SIM merupakan program yang telah diluncurkan oleh Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) pada 22 September 2019 kemarin. Peluncuran Smart Sim ini bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 yang diselenggarakan di gedung basket Gelora Bung Karno, Jakarta (22/09).

Berkaitan dengan Smart SIM ini, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Rachmad Fudail, MH bersama para pejabat utama Polda Gorontalo melakukan perpanjangan Smart SIM yang dilaksanakan di Depan Loby Mako Polda Gorontalo, Senin, 14 Oktober 2019.

Dir Lantas Polda Gorontalo Kombes Pol. M. Pratama Adhyasastra, SIK, MH menyampaikan bahwa program perpanjangan SIM gratis ini merupakan program Polri. Namun SIM ini berbeda dengan SIM yang dimiliki sebelumnya, karena SIM kali ini bernama Smart SIM. Dimana Smart SIM ini menyimpan cip dengan kapasitas yang sudah disesuaikan untuk merekam data pemegang SIM.

“Selain mampu menyimpan data pemilik SIM juga bisa merekam jenis pelanggaran lalu lintas pemegang SIM,” jelasnya.

Di samping itu, kelebihan lain pada Smart SIM, yaitu bisa dijadikan alat pembayaran dengan jumlah saldo maksimal sebesar Rp2 juta di dalam kartu. Pihak kepolisian menggandeng bank Badan Usaha Milik Negara.

“Lebih unggul lagi Smart SIM ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran, kartu elektronik uang kita ada di dalam sini dengan saldo maksimal Rp2 juta dan bisa melakukan pembayaran apa saja, mulai toko online, tol, dan kereta api,” tutur Kombes Pol. M. Pratama.

“Dalam pelayanan perpanjangan SIM gratis ini, Polri bekerja sama dengan pihak perbankan, yakni BRI dan BNI, untuk program perpanjangan SIM tersebut. Seluruh anggota TNI aktif dapat memperpanjang SIM jenis A dan C,” ungkapnya.

Penulis   : Fandi

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x