Brigadir Victor Berikan Sosialisasi Tentang Bahaya Pembakaran Hutan dan Lahan

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis (19/9/2019) pukul 09.00 Wita bertempat di depan halam rumah warga Kelurahan Pauwo, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pauwo Kecamatan Kabila Polsek Kabila Brigadir Victor Noe memberikan sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango tentang Bahayanya Pembakaran Hutan dan Lahan.

Bukan tanpa alasan apa yang dilakukan oleh Brigadir Victor Noe mengingat akhir-akhir ini di Wilayah Gorontalo secara umum telah banyak terjadi kasus kebakaran, baik kebakaran hutan, lahan dan rumah penduduk, sehingga di sela-sela melakukan giat sambang, Bhabinkamtibmas juga melakukan sosialisasi terkait maraknya kebakaran.

Meskipun tidak banyak yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi namun sebagai Bhabinkamtibmas Brigadir Victor harus menyampaikan sosialisasi tentang bahaya pembakaran hutan dan lahan kepada seluruh warga masyarakat Kelurahan Pauwo agar masyarakat tahu tentang betapa bahayanya melakukan pembakaran lahan di musim kemarau saat ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kelurahan Pauwo agar jangan melakukan pembakaran lahan tanpa di jaga dan diawasi karena sangat berbahaya” kata Victor

Brigadir Viktor menyampaikan bahwa Pengendalian kebakaran lahan bisa menggunakan cara konvensional atau dengan cara modern. Pengendalian kebakaran hutan bukan hanya tentang bagaimana agar api tidak merambat mengahanguskan lahan lebih banyak, tetapi juga berperan dalam penanganan pasca kebakaran.

“Edukasi atau education merupakan poin kunci dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia karena kebakaran hutan dan lahan di Indonesia hampir seluruhnya disebabkan oleh manusia baik itu disengaja atau tidak disengaja” tutur Victor.

Sehingga Apabila masyarakat memahami hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan setidaknya akan mengurangi resiko kebakaran hutan akibat ketidaksengajaan manusia.

” masalah kebakaran hutan adalah masalah kita bersama yang harus kita selesaikan bersama, bukan mendesak beberapa pihak untuk menyelesaikannya” imbuh Victor.

Brigadir Victor Noe kemudian mengajak kepada warga masyarakat yang hadir untuk lebih berhati-hati dalam membuka lahan terutama yang dengan cara membakar karena sangat berbahaya disaat musim kemarau.

Penulis   : Hartoyo

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x