TINGKATKAN KEMAMPUAN ANJING PELACAK, UNIT K9 LAKSANAKAN LATIHAN RUTIN

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Polda Gorontalo yang sudah 8 tahun memiliki anjing pelacak (K9) yang akan diperbantukan untuk membantu tugas kepolisian. pelatihan anjing pelacak yang sering dilaksanakan di Polda Gorontalo dilaksanakan dua kali dalam seminggu.

“Sekarang ini ada tiga ekor K9 yang ada di sini, anjing-anjing ini didatangkan dari German Jenisnya ada yang German Shepherd, Belgian Malionis, Labrador, dan Beagle. Semua dirawat dan dilatih disini oleh pelatih pilihan,” tutur Direktur Samapta Polda Gorontalo Kombespol Ahmad Surbana SIK, MH saat ditemui di ruangannya Selasa (23/07/2019).

Anjing pelacak yang didatangkan dari german ini memiliki jenis dan karakter berbeda diantaranya  K9 yang diberi nama vilko  misalnya. Jenis Labrador dan memiliki bulu halus berwarna Coklat kecoklatan ini bertingkah aktif ketika mengendus Narkoba jenis Ganja saat latihan. Kemudian Beauty unit K9 jenis Malinois yang digunakan untuk pengurai masa ketika terjadi unjuk rasa.

Dalam latihan yang digelar di halaman Polda Gotontalo tepatnya di tempat parkir Polda Gorontalo, vilko mencari barang bukti narkotika yang disembunyikan di salah satu kendaraan bermotor yang di parkir. Setelah berputar-putar dan mengendus setiap motor, anjing berusia 3  tahun ini akhirnya menemukan narkotika jenis ganja di dalam kotak yang disembunyikan di salah satu motor.

Sementara Beauty, bertugas mengejar masa yang berbiat anarkis langsung mengejar salah satu anggota yang menggunakan alat pengaman dan menggigitnya tepat di alat yang sudah di siapkan untuk latihan.

Kombes Ahmad Surbana juga menyampaikan bahwa, vilko merupakan anjing pelacak yang khusus di datangkan ke Polda Gorontalo untuk membantu kepolisian dalam hal memberantas peredaran Narkotika di Provinsi Gorontalo.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK menyampaikan bahwa Anjing pelacak yang ada di Polda Gorontalo benar-benar disiapkan untuk membantu kepolisian khusunya dalam hal pemberantasan peredaran narkoba.

“Anjing K9 ini juga di siapkan untul membantu dalam hal pengendalian masa,” ujar Kabid Humas.

Penulis   : Irham

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x