PROFIL BGRIGADIR ADAM AHMAD BHABINKAMTIBMAS DESA MANANGGU

PROFIL BHABINKATIBMAS

Desa Mananggu Kec. Mananggu Kab. Boalemo

 

N a m a                : ADAM AHMAD

Pangkat / Nrp       : BRIGADIR  / 88090063

Pendidikan           : SLTA

Alamat                    : Desa Salilama Kecamatan Mananggu   Kab. Boalemo

 

 

Keahlian               : 1.

2.

 

Motto                            : Fiat Justitia Ruat Coelum

 

 

PROFIL DESA BINAAN

Peta Wilayah

 

KEPALA DESA                    DRS. HIDAYAT LAMSU ( PLT )                           CP.  081317919133

BHABINKAMTIBMAS         BRIGADIR ADAM AHMAD                                    CP.  081356686986

BABINSA                            SERDA  AAN P. SAHRIN                                      CP.  081395887588

 

 

KARAKTERISTIK WILAYAH

Geografis

–         Sebelah utara berbatasan dengan           :  Hutan

–         Sebelah selatan berbatasan dengan                  :  Desa Tabulo Selatan

–         Sebelah timur berbatasan dengan          :  Desa Tabulo

–         Sebelah barat berbatasan dengan                    :  kecamatan Paguat

 

Jumalah Rt / Rw / Dusun                  :  3 (tiga) Dusun

Jumlah penduduk                    :  1. 584 Jiwa ( Lk. = 838 jw / Pr. = 746                                                             Jiwa

Mt pencaharian umumnya      : Petani

Tokoh masyarakat                            : 20 Orang

Potensi wilayah                       : 1. Kelapa

2. Jagung

3. Kacang tanah

Kejadian  menonjol                  : 1. Miras

2. Pencurian

3. Bencana alam ( banjir )

 

 

 

INOVASI YANG TELAH DILAKSANAKAN

 

NO JENIS KEGIATAN PERIODE DOKUMENTASI KET
 

1

 

PROGRAM BERANTAS BUTA AKSARA  AL QUR`AN

 

 

2017 S/D SEKARANG

BEKERJA SAMA DENGAN KEPALA KUA KEC

MANANGGU

 

2

 

MENJADI KHATIB PADA PELAKSANAAN SHALAT JUM`AT

 

2018 S/D SEKARANG

BEKERJA SAMA DENGAN TAKMIRUL MASJID

KEC

MANANGGU

 

3

 

MEMPELOPORI PELAKSANAAN MAJELIS TAKLIM

 

2018 S/D SEKARANG

BEKERJA SAMA DENGAN KEPALA KUA KEC

MANANGGU

 

4

 

PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SEKOLAH (SD, SMP DAN SMK / SEDERAJAT ) MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER WAJIB

( KEPRAMUKAAN )

 

2017 S/D

SEKARANG

BEKERJA SAMA DENGAN KANTOR CABANG DINAS
PENDIDIKAN DAN KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA MANANGGU

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

 

     

 

 

PROFIL INOVASI / TEROBOSAN KREATIF

BHABINKAMTIBMAS DESA MANANGGU

  1. AJARKAN LITERASI AL-QUR`AN KEPADA ANAK- ANAK MELALUI PROGRAM BERANTAS BUTA AKSARA AL-QUR`AN BERSAMA BHABINKAMTIBMAS

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin Bhabinkamtibmas di desa binaan maupun desa pantauan. Sebagai implementasi Polisi sahabat anak. Banyakanya anak-anak di desa binaan yang belum bisa mengaji, menjadi salah satu keprihatinan saya selaku Bhabinkamtibmas . disamping sebagai Pelindung, pengayom, pelayan serta penegak hukum tentunya kita juga memiliki tanggung jawab moril kepada generasi muda penerus cita-cita bangsa indonesia. Hal inilah yang mendorong Bhabinkamtibmas untuk tetap gigih melaksanakan kegiatan berantas buta aksara al-qur`an tersebut. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2016 dan alhamdulillah sampai saat ini masih tetap konsisten bahkan jumlah anak-anak pengajian semakin bertambah dengan berbgai tingkatan dimulai dari kelas iqra` sampai kelas al-qur`an. Pada saat dirintis dulu, Bhabinkamtibmas secara door to door mengajak anak-anak untuk mengaji. Dari masjid satu ke masjid yang lain, dari tempat yang biasa anak-anak sering berkumpul untuk bermain mengisi waktu di kala petang, disitulah Bhabinkamtibmas mengumpulkan anak-anak untuk diaajarkan membaca iqra` yang dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah. Alhamdulillah kegiatan mengajarkan membaca iqra` secara keliling tersebut beroleh apresiasi dari berbagai pihak, baik dari para orang tua , rekan-rekan di Polsek Mananggu, masyarakat setempat bahkan apresiasi dari pimpinan baik Kapolres Boalemo maupun Kapolsek Mananggu. Anak-anak yang didatangi pun semakin giat dan semangat dalam menuntut ilmu khsusnya ilmu agama. kabar tentang kegiatan tersebut sampailah ke Kepala KUA kec.mananggu (Bpk. Mahfud Aludin, S.Ag) dan alhamdulillah beliau merespon positif dan langsung menindak lanjuti dengan membuatkan TPQ uwais Al-qarni yang berada di desa tabulo kec.mananggu kab. Boalemo ( desa Pantauan ) sehingga Bhabinkamtibmas bisa fokus di satu tempat dan dengan fasilitas buku iqra` dan al-qur`an yang berasal dari swadaya Kepala KUA, masyarakat dan Bhabiinkamtibmas.

Dalam memberikan rasa aman kepada  para santri itu sendiri, Bhabinkamtibmas mengantar jemput para santri dengan menggunakan kendaraan Viar Roda tiga. Sehingga orang tua tidak merasa hawatir tentang keselamatan anak-anaknya pada saat menuju ke lokasi TPQ maupun pada saat pulang ke rumah masing-masing.

Saat ini program tersebut sudah berjalan sekitar 3 tahun, tercatat sudah lebih 100 orang anak yang tergabung menjadi santri/wati TPQ Uwais Alqarni. Kemitraan  antara KUA Kec. Mananggu dan Bhabinkamtibmas desa mananggu alhamdulillah telah memberikan manfaat kepada anak-anak kec.mananggu khususnya dalam bidang baca tulis Al-qur`an yang  kelak bisa menjadi bekal bagi generasi penerus dalam menghadapi era persaingan yang dibarengi oleh perkembangan tekhnologi yang begitu pesat.

  1. MEMPELOPORI PELAKSANAAN MAJELIS TAKLIM

Setelah Program BERANTAS BUTA AKSARA AL-QUR`AN berjalan sesuai harapan, Bhabinkamtibmas kembali me

laksanakan sebuah inovasi yang berorientasi pada Pembentukan Karakter manusia yang berakhlakul karimah. Tak hanya pembangunan fasilitas / sarana pra sarana penunjang kegiatan masyarakat yang perlu ditingkatkan secara kuantitas namun Sumber Daya Manusia pun harus berbarengan ditingkatkan kualitasnya. Hal inilah menjadi motivasi bagi Bahbinkamtibmas untuk mempelopori pelaksanaan majelis taklim dan tentunya dalam pelaksanaannya tetap bekerja sama dengan pihak KUA kec. Mananggu. TPQ uwais alqarni yang telah dibangun oleh Kepala KUA kec.mananggu, setiap sore hari dimanfaatkan oleh anak-anak untuk menimba ilmu agama, pada malam hari kita gunakan sebgai tempat untuk melaksanakan majelis taklim kepada masyarakat yang ada di kec.mananggu. kolaborasi antara Kepala KUA kec.mananggu dan Bhabinkamtibmas pada setiap pelaksanaan majelis taklim dianggap sangat efektif guna memberikan pencerahan serta pemahaman kepada anggota majelis taklim baik dari sudut pandang keagamaan maupun dari sudut pandang tentang pentingnya Harkamtibmas. Dengan harapan masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut selain mendapatkan tauziah agama yang disampaikan oleh kepala KUA juga dapat memperoleh pesan-pesan kamtibmas dari Bhabinkamtibmas. Tak jarang beberapa masyarakat yang hadir turut memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas terkait adanya penyakit masyarakat yang adad di desa. Sehingga harapan kepolisian dalam rangka memebrikan penyuluhan dapat terlaksanan sekaligus dalam majelis taklim tersebut.

  1. BHABINKAMTIBMAS MENJADI KHATIB DALAM PELAKSANAAN SHALAT JUM`AT DI DESA BINAAN DAN DESA PANTAUAN.

Kec. Mananggu merupakan kecamatan yang berpenduduk multi etnis dan didominasi oleh masyarakat pri bumi yang beragama islam. Pendekatan secara persuasif dianggap sangatlah efektif karena masyarakat kec.mananggu adalah masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, budaya serta kearifan lokal. Bhabinkamtibmas turut mengambil bagian dalam setiap pelaksanaan acara keagamaan termasuk dalam pelaksanaan ibadah sehari-hari. dengan hadirnya bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat khsusnya dalam pelaksanaan ibadah, tentunya beroleh apresiasi dari masyarakat yang berdampak positif kepada instansi kepolisian. Dalam materi khutbah yang disampaikan, bhabinkamtibmas selalu memberikan pesan-pesan kamtibmas terkait paham radikal, pentyebaran berita hoax, aksi terorisme, ataupun segala bentuk paham berkedok agama namun berafiliasi dalam bentuk paham radikal.

  1. PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER PARA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER WAJIB KEPRAMUKAAN

Selain sebagai tempat menuntut ilmu, sekolah juga merupakan tempat yang sangat tepat untuk membentuk karakter para siswa itu sendiri. Ketika sistem pendidikan yang dituntut mengikuti perkembangan zaman berbasis online, tentu ancaman gangguan yang berpotensi pada gangguan nyata turut hadir dalam proses tersebut. Para siwswa saat ini banyak dibekali dengan ilmu pengetahuan tekhnologi tentu harus didampingi ataupun diawasi oleh guru maupun orang tua. Merespon hal tersebut, Bhabinkamtibmas turut mengambil bagian dalam pelaksanaan pendidikan di lingkup sekolah melalui kerja sama dengan dinas pendidikan cabang mananggu. Dalam kurikulum K13, materi Kepramukaan merupakan kegiatan ekstra kurikuler wajib. Dengan latar belakang sebagai Instruktur Saka Bhayangkara dan Pembina Pramuka gorontalo yang telah bersertifikasi Kursus Mahir dasar (KMD), Bhabinkamtibmas menjadi guru dalam pembelajaran efektif maupun pada kegiatan ekstra kurikuler wajib kepramukaan. Tentunya selain memberikan materi kepramukaan secara umum, sesuai Undang-Undang RI nomor 12 tahun 2010 tentang kepramukaan, Bhabinkamtibmas juga memperkenalkan Kegiatan pramuka Saka Bhayangkara, dimana Pramuka  saka Bhayangkara adalah Kegiatan Kepramukaan yang bernaung dibawah Lembaga kepolisian RI. Dengan pengenalan Krida Lantas, Krida Tibmas, Krida TPTKP dan Krida PBA. Dimana keseluruhan materiKrida Saka Bhayangkara adalah Materi Kepolisian secara umum baik tentang Peraturan Lalu lintas maupun bagaimana tindakan pertama ketika terjadi suatu perkara. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para siswa tidak hanya mengetahui ilmu mata pelajaran umum namun dapat dibekali sedikit pengetahuan tentang kegiatan ilmu kepolisian khususnya tertib lalu lintas sehingga para siswa dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Tak hanya itu, kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah para siswa dapat meminimalisir kehawatiran tentang penyalah gunaan internet, penyalah gunaan narkoba, kenakalan remaja  serta sedikit dapat memberikan  manajemen tentang bermedia sosisal yang baik dan benar.

 

LINK KEGIATAN SERTA APRESIASI MEDIA ONLINE

TERHADAP BHABINKAMTIBMAS DESA MANANGGU

https://youtu.be/iKH3jLzAk58

https://youtu.be/nivpQzfvRiA

https://youtu.be/2Ab30JuUkBg

https://youtu.be/1BX7JWjd8x8

https://youtu.be/-vOMVLr3uLE

https://youtu.be/JsKUVATBeGk

 

https://baraberita.com/tni-polri/brigadir-adam-ahmad-bhabinkamtibmas-desa-mananggu-kab-boalemo-terima-penghargaan-bhabinkamtibmas-berprestasi/

https://hargo.co.id/berita/ajarkan-literasi-alquran-brigadir-adam-terima-penghargaan.html

https://pojok6.com/2018/06/08/brigadir-adam-sosok-polisi-yang-juga-guru-mengaji/

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x