Sempat Kebingungan, Polisi Damaikan Warga Tunawicara Yang Bermasalah

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Ada kejadian menarik yang dialami oleh Polsek Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Yakni pada Kamis (03/01/2019) sekitar pukul 23.30 Wita, Polsek Limboto Barat dipenuhi puluhan warga. Namun Anehnya, puluhan warga yang datang tersebut ternyata adalah orang tunawicara atau yang kita ketahui bersama adalah orang bisu.

Hal ini sempat membuat anggota Polsek kebingungan. Pasalnya, dari bahasa tubuh yang disampaikan kepada anggota Polsek, telah terjadi perkelahian antara dua orang warga yang keduanya bisu. Personil mapolsek Limboto Barat kebingungan untuk memberikan penjelasan dengan menggunakan bahasa isyarat.

Hanya saja, pada saat itu masyarakat lainnya yang juga bisu berupaya untuk memberikan penjelasan untuk musyawarah saja. Bahkan Kapolsek Ipda Iwan M.F Kapojos,STrK turut memberikan peragaan bahasa isyarat, yang mana ditanyakan kepada kedua orang bisu, apakah mau ditahan dan masuk penjara?

Sontak saja, melihat peragaan bahasa isyarat Kapolsek yang turut memperlihatkan sel tahanan, membuat keduanya takut dan memilih untuk damai.

Kapolsek Limboto Barat, Ipda Iwan M.F Kapojos,STrK ketika menjelaskan, pihaknya kaget melihat ada puluhan masyarakat datang ke Polsek dan semuanya tidak bisa berbicara.

“Dari informasi yang kami terima, mereka (orang bisu) sedang buat acara di dekat Polsek Limboto Barat. Tiba-tiba saja, ada seorang warga yang memperlihatkan jari tengahnya kepada warga lainnya. Hal itu memancing emosi dan keduanya saling berkelah. Setelah itu, warga lain yang melihat hal tersebut langsung membawa keduanya ke Polsek untuk diselesaikan secara musyawarah,” jelasnya.

Ditambahkan juga, insiden tersebut tentu membuat pihaknya beserta anggota kebingungan, karena harus berhadapan dengan puluhan masyarakat yang tidak bisa bicara.

Meski demikian, mereka yang datang berprilaku baik dan mau untuk saling mendengarkan satu dengan lainnya, sehingga tidak terlalu mempersulit anggota dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Penulis   : Fandi

Editor      : Irda

Publish   : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x