Polda Gorontalo Terima Kunjungan KKDN Digreg Angkatan XLV

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa, 04 September 2018, Polda Gorontalo menerima kunjungan peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Dikreg Angkatan XLV di Aula Titinepo Polda Gorontalo. Rombongan yang dipimpin oleh Marsekal Pertama TNI Firdaus Syamsudin disambut hangat oleh Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH bersama sejumlah Pejabat Utama Polda Gorontalo, serta Para Pamen Polda Gorontalo.

Marsekal Pertama TNI Firdaus Syamsudin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan KKDN mempunyai peran penting dalam membangun perspektif Pasis Dikreg agar mampu menyusun sebuah konsep pemikiran pengembangan sumber daya pertahanan negara untuk pemerintah daerah dan konsep penataan pertahanan wilayah untuk komando kewilayahan. KKDN juga merupakan salah satu bentuk aplikasi secara langsung dari teori yang telah diterima oleh pasis yang dihadapkan dengan kondisi nyata di lapangan.

“Setiap aparat pemerintah di daerah, baik sipil maupun militer diharapkan memiliki kepekaan dan kemampuan untuk memetakan ancaman militer dan non militer yang ada, baik secara potensial maupun yang nyata,” ungkap Firdaus.

Marsekal Pertama TNI Firdaus Syamsudin juga menambahkan, sesuai kebijakan Panglima TNI bahwa potensi ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus secara cerdas dapat diterjemahkan dari bentuk konflik yang sulit diprediksi dimana diameter konflik tidak lagi menjadi simetris, melainkan bersifat asimetris.

Setelah menyampaikan sambutannya, Kapolda Gorontalo juga menyampaikan sambutannya, namun sebelum menyampaikan sambutan, Kapolda memberikan pantun selamat datang kepada para rombongan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Gorontalo bersama jajaran menyampaikan selamat datang kepada para rombongan di tanah serambi Madinah provinsi Gorontalo, yang memiliki Falsafah “Adat Bersendikan Sara, Sara Bersendikan Kitabullah”.

Kapolda Gorontalo menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum sesko TNI dalam rangka mengetahui sejauh mana situasi IPOLEKSOSBUD HANKAM di wilayah Gorontalo, guna memperoleh gambaran dalam merumuskan saran dan pendapat demi kemajuan Provinsi Gorontalo. Kapolda juga menjelaskan bahwa visi pimpinan Polri saat ini adalah”Terwujudnya Polri yang makin profesional, modern, dan terpercaya guna mendukung terciptanya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong”, dan visi misi tersebut kemudian disederhanakan menjadi slogan”Promoter” yang merupakan singkatan dari profesional, modern, dan terpercaya.

Brigadir Jenderal Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH juga menyampaikan bahwa Salah wujud nyata keberhasilan Polda Gorontalo di bidang kerjasama dalam melakukan inovasi adalah Dengan terbangunnya SPN Polda Gorontalo serta program-program pelayanan online untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda Gorontalo menghaturkan permohonan maaf, apabila dalam penerimaan kunjungan kerja ini masih banyak hal-hal yang masih dianggap kurang. “Saya berharap semoga tujuan dan sasaran dari para peserta KKDN dapat tercapai, sehingga pada akhirnya mampu memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai.

Penulis  : Fandi

Editor    : Mulyono

Publish  : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x