KAPOLDA DI BERI GELAR ADAT ” PULANGA” TI TULAI BALA LO MADALA

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Gorontalo adalah wilayah hukum adat kesembilan dari sembilan belas wilayah hukum adat di Nusantara dengan falsafah adat  “adati hula hulaa to saraa, saraa hula hulaa to qurani atau adat bersendikan sara, sara bersendikan kitabullah. 

Berdasarkan filosofi tersebut seorang gubernur/ wakil gubernur dapat di kukuhkan secara adat untuk memperoleh pulanga melalui upacara kebesaran adat Gorontalo yang di laksanakan oleh seluruh pemangku adat termasuk bagi mereka putra putri terbaik bangsa yang memiliki karya dan prestasi.

Pulanga adalah suatu Rahmat bagi penerimanya karena seorang pemimpin yang telah menyandang gelar adat pulanga berarti telah menerima kepercayaan penuh dari rakyat dan di sepakati untuk memimpin dengan amanah. Penganugerahan pulanga juga merupakan suatu pengakuan dari rakyat atas karya dan prestasi yang telah di capai.

Kapolda Gorontalo Brigjen pol Drs Rachmad Fudail MH hari ini Kamis (02/08/2018) mengikuti  pengukuhan gelar adat “pulanga” ti tulai bala Lo madala yang artinya (putra Indonesia terbaik yang berjasa di bidang keamanan dan ketertiban serta memiliki karya monumental guna mendukung kearifan lokal)bertempat di dulohupa kota Gorontalo,  Oleh para pemangku adat provinsi Gorontalo. 

Sebelum upacara gelar adat dilaksanakan Kapolda Gorontalo di jemput oleh para pemangku adat di rumah dinas Kapolda Gorontalo menuju rumah adat Gorontalo  dulohupa dengan denganunakan pakaian adat Gorontalo taqowa. Sesampainya di rumah adat Gorontalo dulohupa Kapolda Gorontalo di sambut secara adat oleh para dewan adat provinsi Gorontalo.

Penganugerahan gelar adat ini diberikan kepada Kapolda Gorontalo  di landasi atas beberapa pertimbangan yang mendasari yakni keberhasilan keberhasilan pembangunan yang di laksanakan Di provinsi Gorontalo. 

Penganugerahan gelar adat kepada Brigjen pol Drs Rachmad Fudail ini merupakan kehendak dan keinginan masyarakat provinsi Gorontalo yang telah di sepakati oleh para pemangku adat melalui musyawarah besar para pemangku adat. Hal tersebut di sampaikan oleh ketua DPRD provinsi Gorontalo mewakili masyarakat provinsi Gorontalo saat memberikan sambutan di dulohupa .

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri cahyono, Sik menyampaikan bahwa penganugerahan gelar adat pulanga kepada Kapolda Gorontalo merupakan kebanggan tersendiri bagi personil Polda Gorontalo, karena dengan penganugerahan ini polri khususnya Polda Gorontalo mendapatkan kepercayaan dari masyarakat ujar Kabid Humas Polda Gorontalo. Kabid Humas juga menambahkan Kapolda Gorontalo Brigjen pol Drs Rachmad Fudail MH adalah Kapolda pertama yang mendapatkan gelar adat di Gorontalo, tambah Kabid Humas.

Penulis         : Irham

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x