GUNA PERTAHANKAN OPINI BPK RI WTP, POLDA GORONTALO GELAR REKONSILIASI SIMAK DAN SAIBA POLRI BERBASIS AKRUAL

tribratanews.gorontalo.polri.go.id. Polda Gorontalo. Kamis 12/7/2018 pk.09.00 wita bertempat di Ballroom Hotel Dumhill UNG Kota Gorontalo berlangsung kegiatan rekonsiliasi SIMAK dan SAIBA Berbasis Akrual. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs. Jaya Subriyanto di dampingi oleh Irwasda Kombes Pol Agus Supriyanto SIK, Karo Sarpras  Kombes Pol Munggaran Kertayoga SIK dan Kabid Keu AKBP Mulyono,SE .Hadir dalam kegiatan tersebut Para PJU Polda Gorontalo, Kapolres Gorontalo, Wakapolres Gorontalo Kota dan Kapolres Bone Bolango. Adapun peserta kegiatan tersebut Seluruh operator SIMAK BMN dan SAIBA, Benma serta Bendahara Pengeluaran.

Dalam Sambutannya Wakapolda membacakan Sambutan dari Kapolda Gorontalo yang menyampaikan bahwa Polri sudah 5 ( lima ) kali memperoleh Opini BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian.
“Polri sudah kelima kalinya mendapatkan Opini tertinggi dari BPK RI terkait pengelolaan keuangan negara yakni Wajar Tanpa Pengecualian, hal ini agar dipertahankan melalui pengelolaan laporan keuangan yang baik dan benar. Melalui kegiatan rekonsiliasi SIMAK dan SAIBA berbasis Akrual ini, diharapkan seluruh aset yang dimiliki oleh Polda Gorontalo dan jajarannya bisa terdata dengan baik,” kata Jaya.

“Seluruh aset yang dimiliki Polri harus didata secara baik, semua sarpras yang diberikan agar dimasukkan dalam data SIMAK BMN dan bagi aset-aset khususnya lahan maupun bangunan yang belum ada surat surat sertifikatnya segera diurus, dan dimasukkan sebagai aset milik Polri, terang Jaya.

diakhir sambutan Wakapolda meminta kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti kegiatan dengan baik.
“Saya harapkan kepada seluruh peserta bisa ikuti kegiatan ini dengan baik, dan silakan tanyakan kepada nara sumber jika ada hal-hal yang belum jelas, pinta Jaya.
Menurut Karo Sarpras Kombes Pol Munggaran Kertayoga SIK bahwa terkait SIMAK dan SAIba perlu pengawasan langsung dari para Kasatker .

“Dalam SIMAK dan SAIBA perlu pengawasan langsung dari Para Kasatker, dalam mengecek kembali dari operator, agar data tersebut valid dan uptodate, ujar Munggaran yang pernah menjabat sebagai Kapolres Merangin Polda Jambi.
sementara itu menurut Kabid Keu Akbp Mulyono, SE agar penyusunan laporan keuangan dilaksanakan dengan tertib
” Untuk mempertahan opini BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian, maka penyusunan laporan keuangan harus dilaksanakan secara tertib dan para Kasatker diminta turut serta melakukan pengawasan,terang Mulyono.

Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK terkait kegiatan rekonsiliasi SIMAK dan SAIBA ini menjelaskan bahwa Polda Gorontalo bulan Febrruari lalu mendapatkan penghargaan dari kantor DJKN Sultenggo dan Maluku.
“Bulan Februari 2018 lalu Polda Gorontalo mendapatkan penghargaan sebagai juara I dalam pengelolaan dan pengawasan pengendalian BMN ( Barang Milik Negara) dari kantor DJKN Sulutenggo dan Maluku, tentunya  prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan melalui kegiatan- kegiatan seperti ini, kata Wahyu.

Penulis : Wahyu Tri Cahyono
Editor : Mulyono
Publish : Hardiyanti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x