Mei 9, 2024

Lewati Medan Ekstrim, AKBP Muhammad Alli, SIK Cek Kesiapan Lokasi TPS Terjauh Di Kecamatan Pinogu

Dalam rangka memastikan Tahapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024 aman dan tertib, Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli SIK didampingi Kasat Intelkam Polres Bone Bolango IPTU Maskur S.Ip dan Kapolsek Suwawa IPTU Djon K. Nusi melakukan pengecekan ke lokasi TPS (tempat Pemungutan Suara) terjauh di wilayah Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango. Minggu, (4/2/2024).

Dengan menggunakan motor Trail dan waktu tempuh sekitar 8 jam lamanya serta melalui Medan yang ekstrim, Kapolres Bone Bolango bersama tim tiba di Kecamatan Pinogu dan langsung mengecek lokasi TPS di beberapa desa yang ada di Kecamatan tersebut dengan di dampingi oleh  Ketua PPK Bapak yuyun sentoti, S.PDi bersama anggota, Ketua Panwascam Pinogu Bapak Robinson Bidjuni bersama anggota, Anggota PKD ( Panwas Kelurahan Desa, dan Anggota PTPS ( Pengawas tempat pemungutan suara ).

AKBP Muhammad Alli SIK mengatakan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk memastikan bahwa proses tahapan dan koordinasi di Kecamatan Pinogu, yang mayoritas diisi oleh pribumi, akan berjalan dengan baik dengan mengamati secara langsung persiapan dan kesiapan tahapan Pemungutan suara Pemilu 2024 pada lokasi terjauh yang ada di wilayah hukum Polsek Suwawa agar semua proses dapat berjalan tertib serta sesuai aturan.

“ untuk lokasi TPS di wilayah Kecamatan Pinogu terdapat  8 ( delapan ) TPS dari 5 ( lima) Desa diantaranya yakni 2 TPS Di Desa Dataran Hijau, 2 TPS di Desa Pinogu, 1 TPS di Desa Tilonggibila, 2 TPS di Desa Pinogu Permai dan 1 TPS di Desa Bangio” ungkap Kapolres.

 Selain mengecek kesiapan TPS, tak lupa Kapolres berdialog dengan penyelenggara pemilu serta memberikan pesan agar semua pihak melaksanakan tugas dengan baik serta menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan pihak pengamanan agar proses tahapan pemilu berjalan dengan lancar.

“ kami mengingatkan kepada mereka agar pembangunan TPS benar-benar diperhatikan serta mengingatkan agar menjaga kesehatan dan koordinasi dengan puskesmas Pinogu atau poskesdes apabila ada penyelenggara pemilu mengalami keluhan sakit pada saat melaksanakan tugas di TPS” terang Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres juga mengatakan bahwa untuk pendistribusian dan penyimpanan kotak suara dan logistik pemilu di perkirakan H-3 sudah di distribusikan oleh KPU Kabupaten dan pihak kepolisian khususnya Polres Bone Bolango akan menjamin keamanan dan ketertiban pada masa tahapan pemilu khususnya pada saat distribusi kotak suara, pelaksanaan pemungutan dan perhitungan surat suara di TPS sampai dengan kotak suara kembali ke KPU Kabupaten untuk dilakukan Pleno.

“ dengan respon positif dari penyelenggara Pemilu dan masyarakat Pinogu serta perencanaan yang matang di harapkan pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar dan aman, memberikan kepercayaan kepada masyarakat Pinogu bahwa Proses demokrasi dijalankan dengan baik dan benar”  tutup AKBP Muhammad Alli SIK.

Penulis : Z. Diko

Publis  : Z Diko

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x