Wakapolda Gorontalo : Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Menyambut Lebaran Ketupat 2024

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id-Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol Simson, bersama dengan Instansi terkait menggelar rapat koordinasi lintas sektoral sebagai bagian dari persiapan menyambut Lebaran Ketupat 2024. Selasa 16/04.

Rapat tersebut diinisiasi untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama perayaan Lebaran ketupat nantinya.

Dalam rapat tersebut berbagai aspek seperti pengamanan, transportasi dan pemantauan arus lalu lintas dibahas secara detail, serta langkah-langkah preventif dan responsif diatur guna menjaga keamanan masyarakat selama pelaksanaan hari Raya Ketupat.

Wakapolda Gorontalo dalam arahannya menekankan pentingnya kerja sama antar Instansi serta partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing.

” Melalui rapat lintas sektoral ini diharapkan semua pihak dapat bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua orang yang merayakan Lebaran Ketupat 2024 di Gorontalo,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan di Provinsi Gorontalo hari Raya Ketupat merupakan salah satu tradisi turun temurun yang di lakukan oleh masyarakat suku Jaton (Jawa Tondano) yang datang berimigrasi ke Gorontalo pada tahun 1909.

” Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun pada hari ketujuh bulan syawal atau 7 hari setelah hari raya idul fitri. Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini hanya di laksanakan di kecamatan Limboto dan Limboto Barat yang banyak di tinggali oleh masyarakat suku Jawa Tondano, namun saat ini perayaan Lebaran Ketupat terus berkembang luas bukan hanya di laksanakan oleh suku Jawa Tondano, akan tetapi di ikuti pula oleh seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, hal ini tak lain untuk mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Selanjutnya, berkaca dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Lebaran Ketupat ini juga menimbulkan dampak terhadap situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas, terlebih khususnya terjadi kepadatan arus lalu lintas di setiap ruas jalan.

” Semoga kegiatan yang di laksanakan kali ini dapat menjadi kunci sukses untuk memperkokoh sinergitas yang pada akhirnya memberikan manfaat yang besar bagi terpeliharanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” tutupnya.

Penulis : Karim

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x